Bisnis yang Cocok untuk Pelajar di Masa Pandemi Tahun 2021

0
90 views
bisnis yang cocok untuk pelajar

Bisnis yang cocok untuk pelajar – Et jangan salah loh, tidak hanya anak kuliahan saja yang bisa berbisnis, para pelajar juga sangat memungkinkan untuk berbisnis.

Bahkan banyak kok para pebisnis yang sukses saat ini memang dimulai pada saat mereka masih pelajar. Mereka sudah mulai berjualan, menawarkan jasa, dan sebagainya.

Bila kamu saat ini masih pelajar dan ingin mengetahui bisnis apa saja yang cocok untukmu dan bisa kamu kerjakan semasa kamu bersekolah. Spot Bisnis akan menghadirkan ide-ide bisnisnya untuk kamu.

Yuk simak tulisannya sampai selesai.

Bisnis yang Cocok untuk Pelajar
sumber: unsplash (@lvnatikk)

Jual Makanan dan Minuman Online

Bisnis yang cocok untuk pelajar yang pertama adalah jual makanan dan minuman online.

Kamu suka masak? Wah ini potensi banget buat kamu jual makananmu via online. Terlebih di masa pandemi saat ini menuntut orang banyak dirumah sehingga perlu ada cemilan untuk menambah mood mereka beraktivitas.

Kalau kamu bisa masak ini bisa menjadi potensi untuk kamu membangun brand makananmu sendiri. Bila tidak bisa kamu bisa menjadi seorang reseller atau dropshiper makanan tertentu.

Kamu bisa mulai tawarkan makanan tersebut melalui group whatsapp teman-temanmu. Terlebih dengan sistem sekolah saat ini yaitu zonasi, mayoritas teman-temanmu pasti adalah orang-orang yang berada di sekitarmu.

Sehingga kamu tidak akan sulit menjangkau mereka dan merekapun tidak perlu khawatir dengan biaya ongkirnya.

Kamu juga bisa menjual minuman kekinian yang suka juga dibeli oleh para pelajar. Jual dengan harga terjangkau pastinya akan membuat para pelajar akan membeli minumanmu terlebih bila minumanmu bikin segar dan nikmat.

Jasa Design Grafis

Emang pelajar bisa design? Weits jangan salah, ada banyak kok pelajar yang bisa design. Kalau kamu perhatikan di setiap ekskul pasti ada orang yang ditugaskan untuk mendesign sesuatu.

Mereka umumnya menggunakan software seperti adobe photoshop dan adobe illustrator untuk mendesign.

Sayangnya, kalau ditugaskan design di ekskul kamu umumnya tidak dibayar karena ekskul kan tempat kamu belajar dan mengabdikan diri sebagai anggota.

Nah, agar keahlian design grafismu bisa menghasilkan uang kamu bisa menawarkan jasa designmu kepada pemilik bisnis yang kamu kenal, ataupun melalui marketplace freelancer seperti sribulancer, fiverr, sribu, fastwork, dan masih banyak lagi.

Bisnis yang Cocok untuk Pelajar
sumber: unsplash (@patuphotos)

Jasa Fotografi

Bila kamu hobi hunting foto dan memiliki alat yang memadai kamu bisa memanfaatkannya untuk menawarkan jasa fotografimu ke orang lain.

Kamu bisa saja menawarkan jasa foto produk kepada UMKM agar produknya dapat terlihat sangat bagus dan elegan.

Selain itu, kamu juga bisa menawarkan jasa foto untuk wedding yang akan membuat mempelai pria dan wanita merasakan momen kebahagiaan ketika melihat foto hasil jepretanmu.

Bisa juga kamu tawarkan jasa fotografi ini kepada institusi untuk mendokumentasikan acara mereka sehingga kredibilitas mereka meningkat.

Bila kamu bisa untuk videografi juga maka itu menjadi nilai plus untukmu dan tentunya harga jasamu bisa semakin mahal.

Bisnis Persewaan

Kalau kamu punya barang-barang bermanfaat tapi sedang tidak kamu gunakan maka kamu bisa buka bisnis persewaan.

Misal, kamu mengoleksi banyak buku tetapi kebetulan buku kamu sudah dibaca semua. Terus ada nih orang lain yang ingin baca buku tapi terkendala biaya.

Nah, kamu bisa menyewakan bukumu kepadanya dengan harga yang tentunya terjangkau. Misal Rp1000 per 1 minggu.

Misal ada 10 orang aja yang minjem bukumu maka kamu sudah mendapatkan Rp10.000 per minggu. Kalau ada 100 ya Rp100.000 per minggu.

Masih kurang? Ya kamu bisa naikkan menjadi Rp10.000 per 1 minggu sehingga bila ada 10 orang yang pinjam artinya kamu bisa mendapatkan Rp100.000 per minggu.

Kalau ada 100? Ya jadi Rp1.000.000 per minggu. Lumayan kan? Apalagi kalau masih pelajar, wah gurih banget itu.

peluang usaha untuk pelajar
sumber: unsplash (@convertkit)

Menjadi Content Creator

Bisnis yang cocok untuk pelajar yang terakhir adalah menjadi seorang content creator.

Jangan salah loh, ada banyak pelajar yang sudah mulai menjadi content creator. Sebut saja Urrofi yang diusianya yang kurang dari 20 tahun, ia sudah menjadi content creator dengan niche videografi.

Bahkan ia sudah memiliki perusahaan sendiri yaitu Urro Films. Kamu bisa berbagi edukasi tentang apa yang kamu ketahui.

Kamu bisa memilih channel konten seperti youtube, instagram, ataupun tiktok. Pilih yang kamu suka. Sesuaikan kontenmu dengan algoritma di platform tersebut.

Misal kalau kamu bikin kontennya di tiktok coba kamu ikuti musik yang lagi viral, bentuk videonya, filternya dan sebagainya. Tetapi isinya tetap kontenmu.

Begitupun dengan youtube. Bila kamu ingin menggunakan platform ini maka kamu bisa maksimalkan search engine optimizationnya (SEO).

Kalau kamu ingin belajar menjadi content creator ada E-Book menarik dari seorang content creator profesional yang telah menghasilkan 100-200 juta per bulan dari sosial media.

Silahkan download ebooknya di sini: Download Ebook 1 Konten Lagi.

Penutup

Demikian penjelasan tentang 5 bisnis yang cocok untuk pelajar. Bisa kamu coba agar kamu bisa menghasilkan uang meski kamu masih pelajar.

Semoga artikel ini bermanfaat ya. Jika Kamu tertarik dengan konten bisnis seperti ini, Kamu bisa juga melihat tulisan lainnya diĀ Topik Bisnis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here