Cara Membangun Blog dari Awal Hingga dapat Google Adsense

0
119 views
Cara Membuat Blog dari Awal
sumber: unsplash (@fikrettozak)

Cara Membangun Blog dari Awal Hingga dapat Google Adsense – Buat kamu yang hobi menulis maka salah satu sarana untuk mengimplementasikan tulisanmu adalah melalui blog.

Ada beberapa platform blog yang bisa kamu manfaatkan diantaranya medium, tumblr, linkedin, blogspot, dan wordpress.

sumber: YT Channel Dendy Herdianto

Tetapi yang paling umum digunakan adalah blogspot dan wordpress. Mengapa demikian? karena kedua platform tersebut yang mudah untuk dimonetisasi terutama untuk mendapatkan google adsense.

Pasti kamu yang sudah terbiasa dengan blog ingin juga mendapatkan adsense sebagaimana yang telah didapatkan di blog ini kan?

Oke, karena itu pada artikel kali ini penulis akan membahas bagaimana cara membangun blog dari awal hingga akhirnya mendapatkan google adsense.

Disclaimer dulu, apa yang dijelaskan di sini adalah murni dari pengalaman penulis alias pemilik blog ini. Sehingga bila kamu mendapatkan informasi yang berbeda dari penulis atau pemilik blog lain maka itu adalah hal yang wajar.

Oke kita lanjut ya.

Baca Juga: Cara Menghasilkan Uang dari Blog

Tentukan Topik/Niche Blog

Hal pertama yang harus kamu lakukan dalam membangun blog dari awal adalah menentukan topik atau niche blog.

Topik atau niche blog adalah spesifik blog yang ingin kamu buat. Ada beberapa niche yang bisa kamu pilih, misal:

  1. Bisnis dan Marketing,
  2. Travelling,
  3. Food,
  4. Beauty,
  5. Health,
  6. Technology,
  7. Education,
  8. History

Dan banyak lagi.

Mengapa harus berniche? karena ini akan mempermudah kamu mendapatkan audience yang loyal yang pada akhirnya memudahkan kamu juga untuk mendapatkan google adsense.

Coba kalau blogmu isinya gado-gado. Sulit untuk mendapatkan audience yang loyal yang akhirnya sulit juga untuk kamu mendapatkan google adsense. Jadi sayang kan?

Dalam hal menentukan topik atau niche blog bisa dengan menentukan apa yang kamu suka dan apa yang kamu bisa.

Baca Juga: Cara Content Creator Menghasilkan Uang (Ada Free Ebook)

Cara Membangun Blog dari Awal
sumber: unsplash (NeONBRAND)

Konsisten Menulis Konten Minimal Lebih dari 30

Pengalaman penulis, blog ini termonetisasi atau mendapatkan google adsense pada saat tulisannya sudah lebih dari 30.

Spesifiknya sekitar 30-40 artikel. Kalau kamu ingin blogmu termonetisasi kamu juga bisa mencoba dengan konsisten menulis hingga 30 lebih artikel.

Bila sudah silahkan ajukan monetisasi ke google. Jikalau diterima, selamat artinya blogmu siap dimonetisasi. Jika tidak, tidak perlu kecewa. Jadikan hal tersebut sebagai motivasi agar kamu lebih giat dalam menulis artikel.

Jangan berharap mendapatkan adsense sedangkan tulisanmu baru 1 2 tulisan. Untuk blog lain yang penulis bangun yaitu ayahibu.id sudah pernah dicoba pengajuan adsense tetapi ditolak karena memang tulisannya masih sedikit (kurang dari 10).

Optimasi Backlink

Backlink disebut juga sebagai link rekomendasi. Ia adalah link-link yang tersebar di beberapa tempat yang kemudian merefer ke website/blog kita.

Link ini bisa kamu bangun mulai dari sosial media. Sebagaimana dalam blog ini terdapat akun IG yang sudah tertanam link yang mengarah ke blog ini.

Cara Membangun Blog dari Awal

Apakah followersnya sedikit berpengaruh? Jawabannya tidak secara langsung. Tetapi bila followersmu banyak maka kemungkinan traffic ke blogmu juga lebih banyak.

Banyaknya traffic ini akan membuat blogmu lebih bagus dinilai oleh google dan pada akhirnya juga akan pengaruh ke optimasi SEOnya (search engine optimization).

Baca Juga: SEO OFF PAGE (Strategi SEO dengan Menggunakan Backlink)

Selain itu kamu juga bisa memanfaatkan blog lain untuk menanamkan link kamu. Tetapi jangan spam ya.

Bisa dengan kamu menulis di blog orang lain yang memang kamu dibayar untuk menulis diblognya kemudian kamu izin tanamkan link ke blog kamu. Ini juga bisa menjadi strategi untuk mendapatkan backlink.

cara menghasilkan uang dari blog
sumber: unsplash (@dtbosse)

Kerapihan Theme dan Tata Letak Website

Kemudian kamu harus pastikan bahwa blog yang kamu buat tampilannya sudah bagus dan cocok untuk ditanamkan adsense.

Ada beberapa tema yang ketika kamu pakai, adsense akan susah menempel di sana. Nah, bila kamu menggunakan wordpress ada beberapa theme yang bisa kamu gunakan dan ini cocok untuk adsense diantaranya:

  1. Colormag
  2. Newspaper
  3. Mag Family (semua theme yang ada kata “mag”nya).

Perbanyak Traffic

Terakhir yang harus kamu lakukan ketika sedang membangun blog dari awal adalah dengan memperbanyak traffic.

Dalam hal traffic kamu bisa bagi ke 2 hal yaitu organic traffic dan paid traffic. Organic traffic bisa dilakukan dengan membangun sosial media, channel youtube, dan menyebarkan link.

Adapun untuk paid traffic kamu bisa memanfaatkan facebook ads dan google ads. Untuk facebook ads kamu bisa menggunakan objective traffic yang spesifiknya adalah click to website.

Agar semakin banyak audience yang berkunjung ke blogmu.

Baca Juga: Biolinky (Optimasi Instagram dengan Berbagai Link)

Penutup

Demikian penjelasan tentang cara membangun blog dari awal hingga mendapatkan google adsense. Semoga penjelasan ini bisa bermanfaat untuk kamu ya.

Kemudian buat kamu yang sedang membangun blog semoga segera mendapatkan monetisasi dari google adsense.

Jika kamu tertarik dengan konten internet marketing seperti ini, Anda bisa juga melihat tulisan lainnya di Topik Internet Marketing. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here