Home Internet Marketing SEO OFF PAGE: Strategi SEO dengan Menggunakan Backlink

SEO OFF PAGE: Strategi SEO dengan Menggunakan Backlink

0
SEO OFF PAGE: Strategi SEO dengan Menggunakan Backlink

Sebelumnya kita udah membahas salah satu strategi SEO yang berjudul, “SEO On Page: Optimasi dengan Artikel agar Rank 1 Google“. Selanjutnya akan dibahas strategi berikutnya yaitu SEO Off page.

Lain halnya dengan on page yang berfokus pada konten di halaman website. Dalam strategi off page akan difokuskan pada sesuatu yang berada di luar website.

Mudahnya dalam strategi off page, Anda diharuskan untuk menanamkan link pada website lain yang memang website tersebut telah diakui google. Istilah menanamkan link website sendiri di website lain adalah backlink.

Mengapa hal tersebut dilakukan? Agar google melihat bahwa website Anda memang bagus karena telah direkomendasikan oleh website lain.

Contoh referensinya gimana, sih? Nah gini misal Anda memiliki website yang berfokus pada investasi syariah. Nah, Anda ingin ada orang yang menulis artikel yang terkait dengan investasi syariah dan menanamkan link web Anda di sana.

Anda cari blogger yang biasa menulis tentang investasi dan ketika ia menulis artikel yang berjudul misalkan, “4 Jenis Investasi Online untuk Milenial” Anda minta ia untuk tanamkan link website Anda.

Sehingga Anda memiliki backlink di sana. Semakin banyak backlink yang Anda miliki maka semakin bagus website Anda di mata google.

Lalu, bagaimana caranya mendapatkan backlink? Setidaknya ada 3 cara untuk mendapatkannya.

SEO Off Page
sumber: emotive brand

Membangun Branding yang Kuat

Cara pertama adalah dengan membangun branding yang kuat untuk website atau bisnis Anda. Dengan demikian Anda akan lebih mudah mendapatkan backlink dari website lain. Bahkan Anda akan mendapatkannya secara gratis.

Contoh, ketika Anda web/blog yang menulis artikel tentang 5 kursus online terbaik di Indonesia. Coba tebak siapa yang pasti akan ada di tulisan tersebut? Yap, Ruang Guru.

Mengapa demikian? Karena Ruang Guru sudah memiliki branding yang kuat. Tanpa mereka harus bayar, mereka akan secara cuma-cuma mendapatkan backlink.

Buat Anda yang masih mulai, maka mendapatkan referensi dari situ bisa terbilang cukup sulit.

Baca Juga: Strategi Search Engine Optimization (Cara Meraih Rank 1 Google)

SEO Off Page
sumber: trikinet.com

Bayar ke Blogger atau Website Lain

Kalau yang pertama sulit buat Anda yang masih pemula, maka cara kedua ini bisa Anda lakukan. Setiap blogger biasanya menyediakan jasa tanam backlink di blog mereka.

Harganya pun bervariasi tergantung dari traffic yang mereka miliki. Semakin bagus traffic sebuah blog maka semakin mahal harga backlinknya. Contoh, harga backlink di website strategimanajemen.net itu senilai Rp1,5juta rupiah. Tapi sekalinya masuk sana maka Anda juga akan kecipratan trafficnya.

Kok mahal? ya lagi-lagi tergantung pada kualitas blog/websitenya. Ada juga kok yang menyediakan jasa ini hanya dengan harga ratusan ribu.

SEO Off Page
sumber: velvelapplehotels.com

Melakukan Spam

Cara ketiga sekaligus terakhir untuk mendapatkan backlink dari blog lain adalah dengan melakukan spam. Anda bisa memberikan komentar pada postingan sebuah blog dan menuliskan link website Anda di sana.

Namun, cara ini SANGAT TIDAK DIREKOMENDASIKAN. Hal terkait spamming seperti ini sangat tidak disukai google. Berbahaya buat keberlangsungan website Anda.

Lebih baik Anda melakukan cara pertama atau kedua. Cara kedua lebih direkomendasikan bila Anda termasuk yang baru memulai.

Baca Juga: 4 Alasan Mengapa Website Penting untuk Bisnis Anda

Penutup

Itulah penjelasan tentang SEO Off Page yang perlu Anda ketahui. Ini adalah cara yang membutuhkan biaya beda dengan on page yang tidak perlu biaya. Hanya butuh konsistensi dalam menulis konten.

Jadi bila Anda memiliki budget lebih tidak ada salahnya untuk mengoptimasi dengan cara off page.

Semoga penjelasan dalam artikel ini bermanfaat dan silahkan sebarkan seluas-luasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here