SEO ON PAGE: OPTIMASI DENGAN ARTIKEL AGAR RANK 1 GOOGLE

0
81 views

Pada artikel sebelumnya yang berjudul, “Strategi Search Engine Optimization : Raih Ranking 1 di Google” sudah dibahas tentang pengertian dan jenis-jenisnya. Salah satu jenis dalam strategi search engine optimization adalah SEO on page.

Ini adalah strategi yang paling sering dilakukan dan yang paling utama. Makanya banyak orang yang menawarkan diri sebagai freelance untuk jasa optimasi SEO on page. Karena seringkali banyak perusahaan atau bahkan perorangan yang tidak memiliki waktu luang untuk mengoptimasinya akhirnya mereka merekrut para freelancer.

Optimasi dengan apa? Optimasi dengan menggunakan artikel yang ia tulis sesuai yang google mau. Sulit? Sebenarnya tidak terlalu sulit asal mau tekun untuk belajar dan mengikuti panduan yang telah disediakan.

Nah tapi gimana tuh caranya bisa optimasi pakai SEO on page? Biar gak panjang lebar yuk kita bahas dengan seksama dan dalam tempo yang sesingkat-singkat, hehe.

Pengertian SEO ON Page

SEO on page adalah jenis optimasi SEO dengan mengandalkan kekuatan penulisan artikel. Anda pasti menyadari bahwa banya sekali perusahaan yang memiliki blog di websitenya. Mengapa hal tersebut dilakukan?

Karena itu akan memudahkan mereka untuk bisa meraih posisi ranking 1 di google dengan kata kunci tertentu. Misal ada blog yang ketika kita ketikkan kata kunci “investasi online” maka ia di posisi pertama. Nah, blog tersebut biasanya adalah blog perusahaan investasi.

Jadi ketika kita ketikkan investasi online maka artikel tersebut akan terpampang di ranking 1 dan akhirnya akan mengundang banyak traffic. Endingnya? tentunya mereka akan berharap terjadinya konversi.

Apakah optimasi SEO On Page dapat berlangsung cepat untuk meraih rangkin 1 di google? Sejujurnya saya katakan bahwa optimasi seperti ini tidak instan. Membutuhkan proses dan biasanya berlangsung lama.

Tetapi, sebagaimana yang saya katakan pada artikel sebelumnya bahwa walau lama, ketika ia berhasil masuk ranking 1 google maka siap-siap saja kebanjiran order (khususnya buat mereka yang fokus jualan online).

Lalu, apa saja yang harus dipersiapkan untuk bisa mengoptimasinya?

Baca Juga: 4 Jenis Investasi Online ini Cocok untuk Anda para Milenial

Hal yang Perlu dipersiapkan dan Teknisnya

Oke, sekarang masuk ke pembahasan teknis nih. Kira-kira apa aja sih yang harus dipersiapkan agar artikel yang dibuat bisa masuk ke laman 1 google? Setidaknya ada 2 hal:

1. Install Plugin Yoast SEO.

Nah, hal pertama yang harus benar-benar disiapkan adalah menginstall plugin Yoast SEO. Plugin ini adalah salah satu plugin Yoast SEO yang paling populer.

Memang ada beberapa plugin lain yang memiliki fungsi SEO seperti All in One SEO Pack. Tetapi plugin Yoast adalah yang paling populer dan direkomendasikan buat Anda agar bisa membantu Anda membuat konten atau artikel yang SEO Friendly.

2. Siapkan Konten.

Selanjutnya adalah siapkan konten terbaik Anda. Konten adalah yang fundamental dalam optimasi SEO On Page. Tanpa konten, web Anda tidak akan pernah dibaca oleh google. Oleh sebab itu, Anda perlu menyiapkan konten/artikel terbaik.

Namun, yang jadi pertanyaan bagaimana cara menyiapkan konten terbaik terlebih konten yang disukai google?

Yuk kita bahas.

Baca Juga: 5 Cara Menghasilkan Uang dari Blog

Konten Tulisan/Artikel yang disukai Google

Penjelasan tentang menulis artikel yang disukai google sebenarnya bisa Anda simak pada video berikut ini:

sumber: channel Maslahah Digital

Oke, kita lanjut ya kira-kira tulisan seperti apa sih yang disukai google atau biasa disebut SEO Friendly?

1. Panjang tulisan minimal 400-500 kata.

Penting untuk diketahui bahwa ketika Anda menuliskan sebuah artikel maka pastikan Artikel Anda ditulis panjang. Tapi tidak perlu terlalu panjang juga minimal 400-500 kata. Ini minimal loh, ya. Lebih boleh gak? Boleh. Bahkan ada banyak blog yang memang berisi artikel yang panjang.

2. Tulisan harus orisinal.

Anda tidak boleh copy paste tulisan dari website lain. Tindakan tersebut sangat tidak disukai google. Ya sama aja sih ketika Anda menulis untuk sebuah tugas terus Anda copas dari punya teman. Kira-kira boleh, tidak?

Nah, untuk bisa cek orisinalitas tulisan, Anda bisa cek di Duplichecker. Untuk tutorialnya, Anda bisa lihat pada video berikut ini:

sumber: Channel Maslahah Digital

3. Dioptimasi dengan Gambar.

Ketika Anda membuat artikel, jangan publish artikel tersebut sebelum Anda cantumkan gambar di dalamnya. Yap, artikel yang bagus adalah artikel yang ada gambarnya. Dengan adanya visual berupa gambar, ini akan membuat artikel Anda lebih enak untuk dilihat.

Coba kalau Anda melihat artikel yang isinya tulisan semua. Saya jamin Anda tidak akan bertahan lama membaca di laman artikel tersebut, hehe. Nah, untuk optimasi gambar agar tidak kena copyright. Anda bisa ambil dari unsplash.com.

Kalaupun tidak ada, maka Anda bisa ambil melalui google image, tetapi jangan lupa sertakan sumber. Usahakan gambar yang dicantumkan hi-resolustion.

4. Optimasi dengan Kata Kunci

Selanjutnya adalah artikel Anda perlu dioptimasi dengan kata kunci. Pastikan Anda telah menentukan kata kunci yang ingin Anda optimasi. Setelah itu pastikan kata kunci tersebut terdapat pada artikel Anda.

Letakkan kata kunci di awal paragraph dan diakhir. Kemudian munculkan kata kunci di body text sesuai ketentuan. Anda bisa melihat ketentuannya di plugin Yoast SEO.

5. Buatlah Mobile Friendly

Sebagian besar penjelajah internet menggunakan mobile untuk mencari informasi. Oleh sebab itu, Anda harus memastikan bahwa konten artikel Anda telah dibuat secara mobile friendly.

Caranya adalah dengan menekan enter setiap 2-3 kalimat. Jadi, kalau Anda sudah menulis antara 2-3 kalimat maka langsung tekan enter. Karena bila Anda perpanjang lagi maka itu tidak akan enak dilihat ketika di mobile karena tulisannya jadi terlalu panjang.

6. Pastikan Plugin Yoast SEO Sudah Berwarna Hijau

Terakhir, pastikan plugin Yoast SEO sudah berwarna hijau. Silahkan lihat gambar berikut ini:

SEO ON PAGE

Anda perhatikan di sana ada tulisan SEO dan memiliki logo muka yang sudah berwarna hijau. Nah, ketika itu sudah berwarna hijau maka silahkan Anda publish artikel yang telah Anda buat. Karena itu artinya artikel Anda sudah SEO Friendly.

Penutup

Demikianlah penjelasan tentang SEO On Page yang perlu Anda ketahui. Sekali lagi saya sampaikan bahwa dalam strategi SEO ada On page dan ada off page.

On Page berfokus pada konten dalam website yang umumnya berupa artikel dan off page fokus pada link keluar. Strategi On Page memang membutuhkan proses agar konten bisa masuk ranking 1 google.

Tetapi yang paling penting adalah bahwa Anda konsisten untuk terus membuat artikel karena itu dapat menjadi investasi Anda jangka panjang.

Silahkan sebarkan artikel ini seluas-luasnya agar yang lain juga bisa merasakan manfaatnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here