Home Internet Marketing Strategi Search Engine Optimization : Raih Rangking 1 di Google

Strategi Search Engine Optimization : Raih Rangking 1 di Google

0
Strategi Search Engine Optimization : Raih Rangking 1 di Google

Jikalau Anda sekolah dan mendapatkan rangking 1 bagaimana rasanya? Senang bukan main pastinya. Lalu, bagaimana bila bisa rangking 1 di google? Tentunya bukan diri Anda, tetapi artikel yang Anda tulis. Yap, inilah yang sering disebut sebagai strategi search engine optimization.

Buat Anda yang terbiasa bermain atau mempelajari digital marketing pasti familiar dengan istilah search engine optimization atau biasa disingkat SEO. Ia merupakan teknik digital marketing yang memiliki tujuan menjadikan website Anda berada pada rangking 1 google dengan kata kunci tertentu.

Misal, bila Anda mengetikkan kata kunci “bimbel online” maka website mana yang akan muncul? Yap, website Ruang Guru yang masuk pada rangking 1 google. Coba perhatikan gambar di bawah ini.

sumber: google.com

Anda bisa mengabaikan website yang memiliki kata “ad” di depannya. Karena website tersebut bukan menang karena teknik SEO tetapi karena mereka menggunakan google ads. Yap, mereka mengiklankan website mereka dengan kata kunci tertentu.

Ruang Guru menempati posisi pertama dengan kata kunci “ruang guru”. Yap, mereka menang dengan strategi SEO. Ini akan membuat orang akan mengenal ruang guru sebagai bimbel online.

Buat Anda yang memiliki toko online, teknik SEO dapat digunakan untuk meningkatkan traffic yang pada akhirnya akan meningkatkan konversi penjualan.

Anda bisa optimasi toko online Anda dengan strategi SEO menggunakan kata kunci “jual”, “beli”, “jasa”, dan sebagainya. Contoh, bila Anda menjual produk gamis dan toko online Anda berlokasi di Depok maka Anda bisa optimasi toko online tersebut dengan strategi SEO menggunakan kata kunci “Jual Gamis di Depok”.

Sampai sini paham tentang definisi search engine optimization?

Baca Juga: Strategi Funneling Marketing yang Terbukti Menghasilkan

Berapa Lama Kata Kunci Bisa Tembus Ranking 1 Google?

Tidak ada yang bisa memastikan berapa lama sebuah website yang dioptimasi dengan kata kunci bisa masuk rangking 1 google. Semua tergantung pada proses optimasi yang dilakukan se-“brutal” apa dan apakah tepat.

SEO butuh konsistensi untuk membangunnya. Itulah mengapa teknik ini bisa dibilang strategi jangka panjang. Anda tidak bisa mengharapkan jumlah traffic yang banyak dalam waktu cepat dengan strategi ini.

Tidak seperti facebook ads, google ads ataupun instagram ads yang mana Anda bisa mendapatkan traffic besar dalam waktu cepat. SEO butuh waktu, tetapi sekalinya tembus maka siap-siap saja Anda akan kebanjiran order.

Hal ini yang dialami Defriansyah pakar SEO yang membuktikan jualannya laris manis dengan menggunakan strategi ini. Ia juga membuat buku dengan judul “Jualan Laris dari Google”.

Johnson SEO Analyst: Evolution and History of Search Engine ...

Jenis-Jenis Search Engine Optimization

Sering orang salah paham bahwa SEO hanya bicara soal artikel. Pembuatan artikel hanya salah satu dari jenis SEO. Pada dasarnya SEO terbagi kepada dua jenis yaitu On Page dan Off Page. Mari bahas satu per satu.

Baca Juga: 5 Cara Menghasilkan Uang dari Blog

SEO On Page

SEO On Page adalah SEO yang dioptimasi dengan menggunakan artikel. Ketika Anda diminta untuk membuat artikel oleh sebuah perusahaan biasanya mereka akan meminta artikel yang SEO friendly.

Mengapa demikian? Agar artikel yang Anda buat bisa disukai google. Semua orang memang bisa menulis, tetapi bisa menulis saja tidak cukup. Harus dipastikan bahwa tulisan yang dibuat disukai google. Nah, istilahnya itu SEO Friendly.

Untuk bisa menulis artikel yang disukai google maka Anda bisa menggunakan plugin bernama Yoast SEO. Pada plugin tersebut Anda akan dibantu untuk membuat artikel yang SEO friendly.

SEO Off Page

Berbeda dengan on page yang fokus pada pembuatan artikel, di sistem off page web/artikel Anda harus memiliki backlink dari web lain. Yap, Anda bisa menanamkan link ke website Anda pada blog atau website orang lain.

Misal, Anda memiliki website toko online yang menjual baju gamis. Nah, Anda bisa minta tolong blog orang lain yang membahas tentang fashion muslim/ah untuk menanamkan link pada artikel yang ia bahas.

Katakanlah orang tersebut membahas “5 Cara Menentukan Gamis Terbaik”. Nah, pastikan link Anda tertanam pada kata yang tertulis di dalam artikel tersebut.

Contoh ada sebuah kalimat dalam tulisan, “Untuk gamis tersebut bisa Anda dapatkan salah satunya di Gamis Berkah“. Nah, pada kata yang saya bold haruslah tertanam link yang masuk ke website Anda.

Semakin banyak backlink atau referensi dari website lain maka semakin besar peluang website Anda masuk pada rangking 1 google.

Baca Juga: Konsep Dropship dalam Dunia Internet Marketing dan Cara Mainnya

Penutup

Demikianlah pembahasan tentang strategi search engine optimization. Strategi yang lebih spesifik akan dibahas pada artikel berikutnya. Silahkan sebarkan artikel ini bila Anda merasa mendapatkan manfaat darinya.

Silahkan simak artikel lainnya di Spot Bisnis. Terima kasih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here