Membuat Chat WA Otomatis Menggunakan WA Wizard

0
212 views

Buat yang berbisnis online dan menggunakan whatsapp untuk melakukan transaksi ada baiknya Anda menggunakan chat WA yang sudah terformat otomatis. Hal ini dimaksudkan agar Anda bisa mengetahui secara langsung tujuan dari pihak yang ngechat Anda. Jadi anda perlu membuat chat WA otomatis.

Anda juga pasti pernah masuk ke sebuah toko online terus menekan link yang diarahkan ke whatsapp. Menariknya, ketika diarahkan ke whatsapp si penjual di dalam chat kita sudah ada pesan otomatis. Seperti: “assalamu’alaykum, saya ingin membeli hijab……..”

Pernah, kan? Sayangnya banyak yang membuat teks otomatis tersebut secara manual. Contohnya mengetikkan link seperti ini:  https://api.whatsapp.com/send?phone=6281933357030&text=Saya%20tertarik%20untuk%20berlangganan%.

Mengetik seperti itu tentunya merepotkan. Nah, agar Anda tidak perlu mengetikkan tulisan seperti itu, Anda bisa menggunakan tools bernama WA Wizard.

Bagaimana caranya? Berikut penjelasannya.

Baca Juga: Posting Instagram di PC Menggunakan Facebook Creator Studio

Tutorial Penggunaan WA Wizard

Pertama-tama untuk bisa membuat chat WA otomatis, Anda bisa mengetikkan di browser chrome/firefox/safari: wa.wizard.id atau silahkan klik link WA Wizard ini.

Setelah itu, Anda akan dibawa ke sebuah web dengan tampilan seperti pada gambar di bawah ini.

Membuat Chat WA otomatis

Setelah Anda masuk ke sana, Anda bisa mengetikkan nomor whatsapp yang akan dituju beserta teks/isi pesan whatsapp ordernya.

Membuat Chat WA

Panah nomor 1 adalah nomor whatsapp yang akan dimasukkan dan panah nomor 2 adalah isi pesannya. Pada bagian nomor, Anda tidak perlu menambahkan angka 0 (nol) di depan karena sudah ada kode negara yaitu +62. Jadi cukup tuliskan 8788185xxxxx.

Kemudian tuliskan isi pesannya akan seperti apa.

Membuat Chat WA otomatis

Menariknya, Anda bisa lihat preview dari pesan yang sudah Anda ketikkan di kolom “isi pesan WA”. Itulah gambaran pesan WA yang akan masuk ke pada nomor yang akan dituju. Setelah itu Anda bisa langsung klik “generate link” yang ditunjukkan pada panah nomor 2.

WA Wizard

Bila sudah, Anda akan mendapatkan link yang bisa langsung digunakan. Setiap orang yang mengklik link tersebut akan diarahkan ke WA yang sudah Anda setting nomornya. Bila nomor Anda yang dimasukkan maka mereka yang mengklik link tersebut akan masuk ke WA Anda.

Membuat WA otomatis WA Wizard

Tampilan ketika mengklik link tersebut adalah seperti gambar di atas. Lalu, Anda klik “Continue to Chat”.

Yap, seperti inilah tampilan pesannya. Sama seperti yang ditampilkan pada preview, bukan? Selain link, Anda juga bisa mendapatkan QR Code dan Kode HTML dari tools WA Wizard.

Baca Juga: Strategi Search Engine Optimization (Raih Ranking 1 di Google)

Cek Tutorial Youtube Membuat Chat WA Otomatis

Sebenarnya saya telah membuat tutorial penggunaan tools WA Wizard ini di channel : Maslahah Digital. Berikut adalah videonya.

sumber: Channel Maslahah Digital

Video berdurasi kurang dari 1 menit tersebut akan menjelaskan kepada Anda secara step by step bagaimana menggunakan tools ini. Sehingga Anda bisa dengan mudah langsung mempraktikkannya.

Baca Juga: Pentingnya Website untuk Bisnis Anda, Inilah Alasannya!

Penutup

Nah, itulah penjelasan tentang membuat chat WA otomatis dengan menggunakan tools bernama WA Wizard. Mudah dipahami, bukan? Sekarang Anda tidak perlu kesulitan lagi ketika membuat chat WA otomatis.

Tidak perlu lagi mengetik manual dengan rumusan yang belibet itu. Semoga artikel ini bermanfaat dan silahkan sebarkan seluas-luasnya agar banyak orang yang mengetahui informasi ini.

Jika Anda tertarik dengan konten internet marketing seperti ini, Anda bisa juga melihat tulisan lainnya di Topik Internet Marketing. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here