Cara Membuat Website dengan WordPress dari Awal

0
240 views
membuat website wordpress

Website kini menjadi salah satu kebutuhan setiap bisnis ataupun organisasi. Terlebih dalam hal branding dan membangun kepercayaan/trust. Bila Anda tidak jago IT maka jangan khawatir karena website bisa dibuat dengan mudah menggunakan wordpress. Inilah cara membuat website dengan wordpress.

Apa itu wordpress?

WordPress adalah bagian dari content management system (CMS) yang sering digunakan dalam membuat website. Ada beberapa keuntungan menggunakan website menggunakan wordpress?

  1. User friendly. yap buat Anda yang awam dengan IT, penggunaan wordpress akan memudahkan Anda memahami fitur-fitur yang harus dibangun di dalam website.
  2. Banyak plugin. Apa itu plugin? Ia adalah sebuah tools yang mensupport website dengan menghadirkan berbagai macam fitur. Seperti plugin whatsapp untuk chat, plugin woocommerce untuk e-commerce dan sebagainya.

Dengan 2 keunggulan utama tersebut wordpress menjadi CMS yang paling favorit. Nah, sekarang gimana sih caranya membuat website dengan menggunakan wordpress? Yuk simak artikelnya sampai tuntas.

Tentukan Jenis Website

Tahap pertama dalam cara membuat website menggunakan wordpress adalah menentukan jenis website. Ada berbagai macam tipe website seperti:

  1. Toko Online/E-commerce,
  2. Company Profile,
  3. E-learning,
  4. Layanan Jasa,
  5. dan sebagainya.

Tentukan terlebih dahulu jenis website apa yang akan Anda buat. Bila sudah yuk kita masuk tahap selanjutnya.

Baca Juga: Cara Membuat Chat WA Otomatis dengan WA Wizard

Beli Domain dan Hosting

Bila Anda sudah menentukan jenis website Anda berikutnya adalah menentukan domain dan hosting yang akan digunakan.

Domain adalah alamat website Anda. Contoh: spotbisnis.com, maslahah.id, kaosanakmuda.id dan sebagainya. Itu merupakan nama domain. Adapun .com, .org, .id dan sejenisnya adalah bentuk dari Top Level Domain (TLD).

Domain yang Anda telah beli tidak akan bisa diubah. Jadi pastikan Anda membeli domain dengan nama yang tepat. Sesuaikan nama domain dengan jenis website yang akan Anda buat.

Hosting adalah “dalaman” website Anda. Berapa besar kapasitas website, berapa subdomain yang bisa dibuat, berapa banyak traffic yang bisa diakomodir itu tergantung dari hosting Anda.

Semakin besar hosting yang dibeli maka semakin besar kapasitas yang bisa ditampung di website Anda. Untuk membeli domain dan hosting saya merekomendasikan untuk menggunakan Niagahoster.

Provider domain dan hosting ini sudah terpercaya dalam memberikan fasilitas domain dan hosting. Memiliki client service 24 jam dan server yang jarang sekali lemot.

Meski harganya tergolong “lumayan” tapi sesuai dengan kualitas yang diberikan.

Install WordPress

Setelah Anda selesai membeli domain dan hosting, cara membuat website dengan wordpress berikutnya adalah dengan menginstalasi wordpress. Anda bisa masuk ke Cpanel website (akun dan password diberikan melalui email oleh provider).

Setelah masuk ke cpanel, maka Anda bisa memilih softaculuous Apps Installer dan memilih wordpress. Letaknya ada di bagian kedua terbawah sebelum wordpress management.

Cara Membuat Website WordPress

Seperti gambar di atas, Anda cukup mengklik logo wordpress. Setelah itu Anda akan diarahkan ke halaman softaculous dan bisa langsung klik install seperti gambar di bawah ini.

Cara Membuat Website WordPress

Setelah menekan tombol tersebut dan menunggu beberapa saat maka website Anda telah terinstall CMS WordPress. Mudah, bukan?

Setting Awal

Oke setelah Anda masuk ke dalam dashboard wordpress, hal pertama yang perlu dilakukan adalah men-setting permalink.

Silahkan Anda arahkan mouse ke bagian settings/pengaturan. Lalu pilih “post name” seperti gambar di bawah ini.

Kalau sudah silahkan langsung klik save changes.

Baca Juga: Posting Instagram di PC Menggunakan Facebook Creator Studio

Plugin yang Perlu diinstal

Selanjutnya ada beberapa plugin penting yang perlu Anda install agar memudahkan Anda dalam membangun website. Setidaknya ada 2 plugin penting.

  1. Yoast SEO untuk optimasi artikel atau konten Anda di website agar masuk ke ranking 1 google.
  2. Elementor untuk membantu Anda membuat halaman yang elegan.

Plugin lainnya bisa Anda install sesuai kebutuhan website.

Untuk menginstall plugin, silahkan Anda pergi ke dashboard dan memilih menu plugin. Setelah itu klik tombol “add new” dan ketikkan plugin yang akan diinstal.

Setelah menekan tombol install now Anda akan diarahkan untuk menekan tombol “activate”. Ketika tombol “activate” telah ditekan maka tunggu beberapa saat dan plugin Anda sudah siap digunakan.

Pilih Tema

Tadi kan Anda sudah menentukan website jenis apa yang akan dibuat. Nah, sekarang waktunya memilih temanya. Ingat, tema harus sesuai dengan jenis website yang akan dibuat.

Jangan ingin buat website berita tetapi pakai tema e-commerce, ya gak nyambung, hehe.

Pilih tema dengan mengarahkan mouse untuk menekan menu appearance dan memilih bagian themes. Setelah itu Anda akan diarahkan untuk memilih beberapa tema.

Bila Anda tidak tertarik dengan tema yang disediakan maka Anda bisa klik “add new theme” untuk mendapatkan tema yang lain. Silahkan ketikkan jenis tema yang Anda cari. Caranya sama kayak ketika install plugin.

Baca Juga: SEO On Page (Optimasi dengan Artikel agar Rank 1 Google)

Selesai

Yap, kalau Anda sudah install tema maka website Anda sudah selesai dibuat. Sisanya Anda bisa eksplorasi sendiri. Untuk membuat menu Anda bisa ke appearance dan memilih bagian menus.

Anda bisa tambahkan menu dengan menggunakan pages ataupun category. Mudah, kan? Silahkan dipraktikkan ya.

Penutup

Itulah penjelasan tentang cara membuat website dengan wordpress yang perlu Anda ketahui. Tidak perlu jago coding bahkan orang awam yang serius belajar juga bisa mempraktikkannya kok.

Silahkan sebarkan artikel ini seluas-luasnya bila Anda merasakan manfaat darinya. Jika Anda tertarik dengan konten internet marketing seperti ini, Anda bisa juga melihat tulisan lainnya di Topik Internet Marketing. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here