Home Internet Marketing Konsep Dropship dalam Dunia Internet Marketing beserta Cara Mainnya

Konsep Dropship dalam Dunia Internet Marketing beserta Cara Mainnya

0
Konsep Dropship dalam Dunia Internet Marketing beserta Cara Mainnya

Anda pastinya tidak asing dengan istilah dropship. Belakangan istilah ini kian marak digunakan oleh para pemain bisnis online ataupun internet marketer.

Banyak diantara mereka menjadikan dropship menjadi suatu pekerjaan utama. Penghasilan ratusan juta setiap bulan pun sudah dirasakan oleh para dropshipper (sebutan untuk pemain dropship).

Tokoh dropshipper yang sukses adalah Rico Huang. Bahkan beliau membuat sebuah bisnis bernama dropshipaja.com yang menghimpun banyak dropshipper agar sukses seperti dirinya.

Selain itu, tokoh bernama Berto Saksono Jati yang merupakan kepala sekolah SB1M (Sekolah Bisnis 1 Milyar) juga sukses bermain dropship. Bahkan ia bermain di level internasional.

Dan masih banyak lagi tokoh-tokoh lain yang sukses bermain di konsep bisnis ini. Semakin menarik untuk membedah konsep bisnis ini, bukan?

Yuk kita pelajari bagaimana konsep bisnis dropship dan apa saja keuntungan yang bisa didapatkan dengan menjalankan bisnis ini.

Baca Juga: Inilah 4 Alasan Pentingnya Website untuk Bisnis Anda

Dropship
sumber: slalu.com

Konsep

Dropship adalah sebuah sistem bisnis dimana Anda hanya perlu memasarkan sebuah produk orang lain yang bila nanti terjadi pembelian maka si pemilik produk yang langsung mengirimkan ke customer Anda.

Ini seperti makelar yang menghubungkan antara penjual dengan pembeli. Namun, barang yang nantinya sampai ke si pembeli akan bertuliskan nama si dropshipper.

Bila diperhatikan sekilas memang ada kemiripan antara reseller dengan dropshipper. Mereka sama-sama menjualkan barang milik orang lain. Bedanya, kalau reseller biasanya perlu stok barang sedangkan dropshipper tidak perlu.

Mekanisme

Kita akan masuk ke mekanisme dropship. Dalam mekanisme ini akan dijelaskan menggunakan ilustrasi agar lebih mudah dipahami.

Katakanlah ada seseorang bernama Ruli. Ia ingin menjual produk gamis tetapi ia tidak memiliki produknya. Mau beli dulu tapi tidak ada modal. Akhirnya ia memutuskan untuk menggunakan sistem dropship.

Ia mencari seorang supplier dan akhirnya bertemu supplier gamis bernama Rismaliyyah. Ruli akhirnya memutuskan untuk menjual produk gamis Rismaliyyah. Ia membuat toko online sendiri bernama Ruli Hijab dan mulai menjual produk-produk gamisnya Rismaliyyah.

Kemudian datang customer bernama Ros yang ingin membeli hijab. Ia membeli di Ruli Hijab. Ros mentransfer uang ke Ruli dan Ruli transfer uang ke Rismaliyyah sekaligus menginformasikan alamat rumah si Ros.

Hijab yang dipesan oleh si Ros dipacking oleh Rismaliyyah dan dikirim langsung ke rumah Ros dengan nama toko onlinenya adalah Ruli Hijab.

Yap, begitulah mekanisme dropship berjalan. Biar lebih jelasnya lihatlah gambar di bawah ini.

Dropship: Pengertian & Cara Menjadi Dropshipper | The Next Marketers
sumber: : thenextmarketers.com

Bagaimana, bisa dipahami kan?

Keuntungan

Setelah membahas konsep dan mekanismenya, sekarang kita bahas apa saja keuntungan ketika Anda menggunakan sistem ini. Ini jugalah yang menjadi alasan banyak orang mulai bermain dropship.

1. Tidak Butuh Modal

Saya yakin HP dan internet sudah menjadi kebutuhan pokok. Baik Anda seorang pebisnis online ataupun bukan pasti memiliki handphone dan internet di genggaman tangannya.

Itulah mengapa bisa disebut bahwa bisnis dropship adalah bisnis yang tidak perlu modal. Cukup handphone dan internet yang sudah pasti Anda punya maka Anda sudah bisa memulai bisnis ini.

Lain halnya dengan reseller yang mana mereka biasanya perlu untuk modal terlebih dahulu untuk mendaftar dan mendapatkan produk yang nantinya mereka jual.

2. Banyak Variasi Produk

Keuntungan berikutnya adalah adanya banyak variasi produk. Anda bisa menjual produk apapun dengan sistem dropship. Mulai dari produk kosmetik, pakaian, obat-obatan, gadget dan sebagainya.

Bisa juga dikatakan bahwa setiap barang yang ada internet selama ia ada pemiliknya maka bisa Anda jual. Pastikan Anda memilih produk yang memang Anda pahami.

Jangan memilih produk yang tidak Anda mengerti, karena ini akan membuat Anda kesulitan untuk mengedukasi market yang akan Anda tuju.

3. Fleksibel

Perlu jam kantor? tidak.

Harus setiap hari? tidak.

Harus standby di suatu tempat? tidak.

Bisa sambil kerja? bisa.

Ya, bisnis dropship memang sangat fleksibel. Anda bisa mengerjakannya kapanpun dan dimanapun. Ingat, berbisnis dengan sistem ini hanya memerlukan internet dan HP. Jadi, selama Anda mengaktifkan hp dan internet Anda maka bisnis Anda tetap bisa jalan.

Baca Juga: Beginilah Cara Menghasilkan Uang dari Blog

Dropship
sumber: Trik Bisnis Online

Cara Main

Selanjutnya, kita akan bahas bagaimana cara main bisnis ini. Akan dijelaskan secara berurutan tahap-tahapnya agar Anda juga bisa langsung praktik di rumah.

1. Riset Produk

Inilah tahap pertama yang harus Anda lakukan yaitu meriset produk. Carilah produk yang memang dibutuhkan pasar. Jangan asal pilih produk.

Karena bila Anda salah pilih produk mau sebagus apapun copywritingnya tetapi bila pasarnya tidak ada maka itu semua akan sia-sia. Jadi, dalam tahap ini Anda perlu serius dalam meriset.

Anda bisa lakukan riset melalui marketplace cdengan mencari produk yang lagi hotilist ataupun melalui google trends.

2. Cari Supplier Terbaik

Karena dalam sistem ini Anda tidak memiliki produk maka Anda perlu mencari supplier yang memang bisa diandalkan. Ia adalah supplier yang memang produknya bagus dan pelayanannya terbaik.

Jangan sampai Anda salah pilih supplier sehingga membuat penjualan Anda terhambat. Alih-alih ingin memberikan pelayanan yang terbaik kepada pembeli Anda eh malah terhambat gara-gara suppliernya tidak kooperatif.

Seperti stok barang tiba-tiba habis tanpa pemberitahuan, telat merespon pembeli dan sebagainya.

Anda bisa mempelajari cara mencari supplier yang baik melalui video berikut ini:

sumber: Rico Huang (Youtube)

3. Buat Akun Toko Online (Sosmed) dan Jualanlah

Nah inilah tahap yang juga tidak kalah penting yaitu tahap eksekusi. Dalam tahap ini setelah Anda telah meriset produk dan mendapatkan supplier, saatnyalah Anda mulai eksekusi berjualan.

Buatlah sosial media sebagai tempat toko online Anda. Sangat disarankan untuk memulai buka toko online menggunakan instagram. Pelajarilah ilmu instagram marketing agar penjualan Anda lebih powerful.

Baca Juga: 3 Tips Optimasi Instagram Marketing yang Powerful untuk Bisnis Anda

Penutup

Nah, itulah dia konsep bisnis dropship dalam dunia internet marketing yang perlu Anda ketahui. Bila Anda tertarik dengan dunia bisnis online tetapi tidak memiliki modal yang cukup maka sistem bisnis ini bisa Anda pilih.

Silahkan sebarkan artikel ini seluas-luasnya bila memang terdapat manfaat didalamnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here