Home Internet Marketing 3 Tips Optimasi Instagram Marketing yang Powerful untuk Bisnis

3 Tips Optimasi Instagram Marketing yang Powerful untuk Bisnis

0
3 Tips Optimasi Instagram Marketing yang Powerful untuk Bisnis

Instagram. Ya, tentunya Anda tidak asing dengan social media yang satu ini. Dalam perkembangannya, socmed ini sudah tidak hanya digunakan sebagai media interaksi tetapi juga menjadi medai untuk berbisnis. Itulah sebabnya banyak orang memaksimalkan strategi instagram marketing.

Data dari Neil Patel menyebutkan bahwa ada 800 juta pengguna instagram yang aktif setiap bulannya. Kemudian ada lebih dari 60 juta foto yang diposting setiap harinya dan 1,6 miliar like yang diberikan setiap harinya.

Data tersebut tentu menjadi “bahan” yang menarik bagi para pelaku bisnis online. Terutama mereka yang mulai berkecimpung menggunakan instagram sebagai platform bisnisnya.

Saya akan memberikan 3 tips sederhana yang bisa langsung Anda eksekusi untuk mengoptimasi instagram Anda sebagai media penjualan yang powerful.

Baca Juga: Affiliate Marketing yang Kini Menjadi Trend di Internet Marketer

Tips Instagram Marketing
sumber: apkpure.com

Optimasi Profile Instagram

Tips instagram marketing yang pertama adalah dengan mengoptimasi profil di Instagram

Pandangan pertama menjadi penting bagi calon pembeli Anda untuk memutuskan apakah ia akan membeli produk di Anda ataupun tidak.

Membuat pandangan calon customer supaya lebih menarik adalah dengan mengoptimasi profile instagram Anda.

Mulai dari pemilihan username yang mana Anda harus memastikan bahwa username yang Anda gunakan dibuat simple dan mudah dikenali.

Pemilihan username bisa disesuaikan dengan objektif bisnis Anda. Bila bisnis Anda telah memiliki brand yang kuat maka Anda bisa menuliskan username sesuai dengan nama brand Anda.

Bila, brand Anda masih belum kuat, maka bisa Anda tuliskan username sesuai produk yang Anda jual. Misal, bila Anda jualan produk hijab maka Anda bisa tuliskan “JualHijabDepok”

Kemudian ubah settingan instagram Anda ke settingan profesional.

Bagi Anda yang saat ini masih menggunakan akun instagram yang biasa, yuk ubah settingan akun instagram Anda ke settingan profesional.

Dengan mengubah pada settingan profesional alias akun bisnis maka Anda akan bisa dengan mudah melihat insight dari Instagram Anda, seperti berapa kunjungan ke profile Anda setiap minggu, data perkembangan like dan comment dan sebagainya.

Ini juga akan mempermudah Anda menggunakan instagram ads sebagai media periklanan agar jangkauan bisnis Anda bisa lebih luas.

Setelah settingan sudah diubah ke profesional maka selanjutnya Anda isi bio instagram Anda dengan lengkap.

Isi deskripsi singkat bisnis Anda, Kontak, dan link website (bila ada). Bila belum Ada, Anda bisa membeli domain dan hosting di web Niagahoster.

Isilah deskripsi singkat bisnis Anda dengan menarik. Misal, “Toko Online Hijab Terpercaya dan Terbukti Amanah” atau sejenisnya.

Optimasi Konten Instagram

Ada banyak fitur di instagram yang bisa Anda maksimalkan. Ada feed, story dan instagram TV. Masing-masing fitur tersebut bisa Anda optimasi dengan menyajikan konten-konten yang menarik.

Tentunya konten tersebut harus mendatangkan engagement yang tinggi.

Bingung cara mencari konten?

Baca dulu ini : Cara Mencari Ide Konten yang Menarik dan Kreatif

Kalau feed untuk konten-konten yang sifatnya infographic, visual, video singkat, dan sebagainya. Buatlah tema warna untuk feed Anda agar penampilannya terlihat lebih menarik.

Tips Instagram marketing
sumber: instagram.com/niagahoster.id

Seperti yang dilakukan Niagahoster didalam feednya. Mereka memberikan pewarnaan yang konsisten untuk setiap kontennya. Yaitu perpaduan antara putih dan biru.

Anda juga bisa melakukannya untuk bisnis Anda, agar pembeli ketika melihat bisnis Anda matanya lebih nyaman. Tentunya mereka juga akan lebih nyaman “berselancar” di akun instagram Anda.

Kemudian untuk konten story bisa Anda optimasi dengan mengupdate informasi-informasi terbaru. Ajak juga para followers Anda untuk berinteraksi dengan memaksimalkan fitur yang ada di IG story seperti stiker question, polling dan sebagainya.

Dengan adanya interaksi, akan meningkatkan engagement instagram Anda dan alhasil membuat ratio jumlah followers dengan followers aktif akan tinggi. Fyi, dari total followers yang Anda punya biasanya hanya 10% yang aktif melihat aktivitas akun Anda.

Ini sudah algoritma instagram. Tetapi, bila Anda aktif dan mampu meningkatkan engagement maka persentase itu bisa naik secara perlahan.

Lalu, untuk IG TV bisa Anda optimasi dengan menampilkan konten edukasi seperti tutorial, tips dan trick dan sebagainya.

Selain itu, Anda juga bisa memaksimalkan konten di instagram dengan menampilkan konten-konten yang sifatnya hiburan agar memancing engagement.

Tips Instagram Marketing
sumber: The Verge

Optimasi Instagram Ads

Kalau sebelumnya kita membahas hal-hal yang sifatnya gratisan, nah untuk tips ketiga instagram marketing alias tips terakhir ini adalah optimasi yang sifatnya berbayar.

Tips ini menggunakan media periklanan instagram alias instagram ads.

Apakah Anda sudah pernah mencobanya? Bila belum dan Anda memiliki budget yang lebih maka Anda perlu mencobanya.

Caranya amat mudah, bila Anda sudah mengubah settingan instagram ke instagram bisnis maka Anda bisa langsung mempromosikan postingan Anda.

Pilih salah satu postingan terus klik “promosi” atau “promote”. Setelah itu Anda akan diarahkan untuk memilih tujuan iklan. Apakah menuju profil, situs web atau ke DM (direct message).

Kemudian pilih target audience. Menariknya, pada settingan Instagram Anda bisa memilih opsi automatic jadi Instagram akan langsung mengiklankan produk Anda ke orang-orang yang memiliki ketertarikan pada produk yang sejenis dengan Anda atau Anda juga bisa membuat audience sendiri.

Setelah itu, akun Anda telah siap untuk mempromosikan produk Anda. Bila Anda belum setting metode pembayaran bisa setting dulu ya.

Baca Juga: Email Marketing (Pengertian, Tahapan dan Strategi)

Penutup

Demikianlah 3 tips instagram marketing yang perlu Anda coba untuk optimasi bisnis Anda di instagram. Algoritma instagram tentunya tidak akan statis. Ia akan terus berubah. Teruslah belajar, saya juga akan mengupdate informasi instagram marketing bila memang ada perubahan algoritma.

Silahkan sebarkan artikel ini bila bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here