Home Internet Marketing Cara Menghasilkan Uang dari Blog, Inilah Caranya!

Cara Menghasilkan Uang dari Blog, Inilah Caranya!

0
Cara Menghasilkan Uang dari Blog, Inilah Caranya!

Bagi Anda yang suka menulis maka membuat blog adalah salah satu cara yang bisa dilakukan. Blog adalah sebuah website yang isinya berupa tulisan-tulisan yang memuat berbagai macam informasi. Orang yang menulisnya disebut blogger. Nah, kalau menulis saja tanpa dibayar rasanya tidak asyik, kan? Ternyata ada cara menghasilkan uang dari blog.

Namun, sebelum lanjut membahas tentang sumber penghasilan dari blog perlu Anda ketahui bahwa untuk mendapatkan penghasilan dari blog tidaklah mudah. Karena hal penting yang perlu Anda kejar adalah memperbanyak konten dan traffic.

Konten yang dibangun tentulah harus konten yang original dan bermanfaat. Kemudian kejarlah traffic sebanyak-banyaknya agar blog Anda memiliki potensi yang tinggi untuk menghasilkan uang.

Oke?

Sip, kita lanjut ke pembahasan utama yaitu sumber penghasilan dari blog. Ada beberapa sumber penghasilan yang bisa didapatkan dari sebuah blog dan di artikel kali ini kita akan membahas 5 diantaranya.

Baca Juga: 3 Tips Optimasi Instagram Marketing

Cara Menghasilkan uang dari blog
sumber: google adsense

Google Adsense

Ini adalah sumber penghasilan yang paling banyak digunakan. Banyak orang yang berusaha membangun blog dan berharap mendapatkan penghasilan dari google adsense.

Cara untuk memulai google adsensepun cukup mudah. Anda hanya perlu mendaftarkan blog Anda ke google adsense. Namun, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan.

  1. Hanya bisa dimiliki 1 akun. Jadi bila Anda memiliki beberapa blog maka Anda bisa menambahkan daftar blog Anda ke 1 akun google adsense Anda.
  2. Perhatikan umur blog. Anda bisa mencoba daftar ke google adsense ketika umur blog sudah genap 1 bulan. Meskipun, idealnya blog yang bisa masuk ke google adsense adalah yang sudah berumur 6 bulan atau lebih.
  3. Konsisten membuat konten. Seperti yang saya katakan sebelumnya bahwa menghasilkan uang di blog tidak bisa instan. Anda harus melewati perjuangan dengan konsisten membuat tulisan atau konten yang bermanfaat. Pastikan setelah 6 bulan, blog Anda sudah memuat konten yang banyak dan bermanfaat.
  4. Pastikan sudah ada pengunjungnya. Ya google juga gak mau rugilah, masa iya pasang iklan ke blog yang tidak ada pengunjungnya. Nah, jadi pastikan blog Anda sudah ada pengunjungnya ya.
  5. Gunakan template dengan navigasi yang baik. Bila tempate di blog Anda mempersulit pembaca karena navigasinya yang buruk maka blog Anda akan berpeluang di tolak oleh google.
  6. Buatlah halaman about, contact dan privacy policy. Ini menjadi aturan yang telah dibuat oleh pihak google.
  7. Rutinkan posting setiap hari terutama saat masa peninjauan. Ini akan mempermudah Anda mendapatkan persetujuan untuk dipasangkan iklan oleh google.
Bisnis Affiliate Marketing untuk Membantu Peruntungan Bisnis Online
sumber: mbizmarket

Komisi Affiliate Marketing

Sebelumnya, apakah Anda sudah tahu apa itu affiliate marketing? Ia adalah sistem pemasaran melalui referensi orang lain. Jadi bila Anda memiliki produk kemudian orang lain mereferensikan produk Anda kepada rekannya yang kemudian membeli produk Anda. Maka Anda wajib membayarkan komisi kepada orang tersebut.

Lengkapnya, Anda bisa baca artikel sebelumnya tentang Affiliate Marketing yang kini menjadi trend para internet marketer.

Cara kerja sistem affiliasi sebenarnya mudah. Anda cukup menulis artikel atau memasang banner yang didalamnya terdapat tautan yang akan mengarah ke pemilik produk/product owner.

Bila terjadi pembelian melalui tautan tersebut, maka Anda mendapatkan komisinya. Menariknya, komisi yang didapatkan biasanya tergolong besar. Tentu ini menjadi sumber cuan yang menarik bagi Anda para blogger.

Cara Menghasilkan Uang dari Blog
sumber: bardo

Jual Produk Pribadi

Kalau dalam sistem affiliasi kita menjual produk orang lain maka dalam hal ini yang dijual adalah produk kita sendiri. Yap, jika Anda memiliki produk pribadi baik berupa fisik maupun digital Anda bisa menjualnya melalui blog Anda.

Ada dua cara untuk menjual produk pribadi Anda. Cara pertama yaitu dengan melakukan soft selling atau hard selling melalui konten di postingan Anda. Kedua yaitu dengan memasang banner produk di blog Anda.

Cara pasang banner produk di blog Anda bisa dipelajari melalui video berikut ini:

Content Placement

Cara menghasilkan uang dari blog selanjutnya adalah melalui content placement. Biasanya ada perusahaan ataupun individu yang ingin menempatkan kontennya pada sebuah blog.

Katakanlah ada perusahaan agency digital marketing. Perusahaan tersebut akan mengupayakan untuk mendapatkan pasar dengan cara mencantumkan konten yang ia miliki ke sebuah blog yang memang sudah memiliki traffic.

Tentunya, blog yang akan dipilih adalah blog yang sesuai dengan niche-nya yaitu yang berkaitan dengan bisnis dan marketing. Anda bisa menentukan berapa biaya untuk konten yang akan ditaro oleh si perusahaan tersebut. Harga yang bisa Anda tawarkan haruslah realistis. Sesuaikan dengan traffic yang saat ini Anda miliki dari blog Anda.

Content placement, selain digunakan sebagai strategi memasarkan produk dari perusahaan juga sebagai media untuk menanamkan backlink. Ini merupakansalah satu strategi Search Engine Optimization secara offpage.

Cara Menghasilkan Uang dari Blog
sumber: Oinkandstuff

Bayaran untuk Konten Premium

Cara menghasilkan uang dari blog yang kelima alias yang terakhir adalah dengan memberikan bayaran bagi pembaca yang ingin mendapatkan akses ke konten premium, pelatihan dan area komunitas.

Bila blog Anda sudah mendapatkan banyak pembaca yang loyal maka Anda bisa “manfaatkan” agar mereka mau membaca konten Anda yang premium.

Biasanya kalau memang konten Anda dinilai bagus dan bermanfaat maka pembaca Anda akan rela membayar untuk mendapatkan akses ke konten Anda tersebut. Sama halnya seperti orang berlangganan koran.

Selain itu, Anda juga bisa tawarkan untuk masuk ke area komunitas yang nantinya Anda bisa adakan pelatihan kepenulisan, membuat blog dan lain-lain sebagai fasilitas tambahan bagi mereka yang sudah masuk sebagai member premium.

Baca Juga: Cara Mencari Ide Tulisan untuk konten Anda agar lebih kreatif

Penutup

Itulah setidaknya 5 cara menghasilkan uang dari blog. Sekali lagi yang perlu dipahami adalah bahwa untuk mendapatkan penghasilan dari blog tidaklah instan. Yang paling penting adalah konsistensi untuk membuat konten yang bermanfaat dan original.

Semoga postingan ini bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan Anda di dunia blog. Silahkan sebarkan seluas-luasnya biar yang laing juga merasakan manfaatnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here