Home Internet Marketing Cara Mencari Ide Konten untuk Tulisan Anda Agar Lebih Kreatif

Cara Mencari Ide Konten untuk Tulisan Anda Agar Lebih Kreatif

0
Cara Mencari Ide Konten untuk Tulisan Anda Agar Lebih Kreatif

Sebagai seorang penulis terlebih mereka yang fokus di dunia blogging, konten menjadi hal yang penting untuk dipikirkan. Makanya mereka perlu tahu cara mencari ide konten untuk tulisan mereka.

Stagnan adalah hal yang biasanya dirasakan tapi tentu tidak ingin dibiarkan. Oleh sebab itu, tulisan ini akan membantu Anda mengenali sumber-sumber yang bisa membantu dalam pembuatan konten terutama konten tulisan.

Meskipun sumber ini juga bisa digunakan untuk konten yang lain seperti instagram, youtube ataupun media sosial lainnya.

Mau tahu apa saja sumber untuk mencari ide konten? Yuk simak sampai habis tulisan ini.

Baca Juga: Affiliate Marketing (Trend Internet Marketing Masa Kini)

Google

Cara mencari ide konten yang pertama adalah melalui platform search engine google. Yap, siapa yang tidak mengenal platform yang satu ini.

Semua orang yang berselancar di dunia maya pasti akan selalu bertemu dengan makhluk yang satu ini. Google membuat Anda lebih mudah mencari ide konten.

Gimana caranya?

Sebenarnya Anda tinggal mengetik kata kunci yang sedang Anda pikirkan atau topik yang memang umum Anda bahas.

Semisal, Anda tuliskan kata kunci “Bisnis Online”, nah pasti nanti google akan menyarankan beberapa topik.

Seperti contoh gambar berikut ini.

sumber: google

Kalau Anda perhatikan gambar di atas, maka Anda akan melihat saran dari google atas beberapa topik konten. Seperti bisnis online modal kecil, bisnis online rumahan, bisnis online untuk pelajar dan sebagainya.

Ya, itu bisa Anda jadikan konten untuk tulisan anda.

Cara Mencari Ide Konten
sumber : google

Selain itu, Anda juga bisa mengambil topik konten dari bagian bawah google tepatnya di kata kunci pencarian terkait.

Keywordtool.io

Cara mencari ide konten yang kedua adalah dengan menggunakan tools bernama keywordtool.io. Cara kerjanya sebenarnya tidak jauh berbeda dengan google.

Anda tinggal mengetikkan kata kunci dan keywordtool.io akan memberikan beberapa saran kata kunci yang bisa juga Anda ambil sebagai ide konten.

Lihatlah pada gambar berikut ini.

Cara Mencari Ide Konten

Menariknya, tidak hanya google yang bisa di research kata kuncinya. Youtube, instagram, twitter dan beberapa platform lain juga bisa di research kata kuncinya untuk modal ide konten.

Pada gambar di atas, itu adalah versi yang gratis. Bila Anda menggunakan versi yang berbayar maka bagian seperti search volume, trend, cost per click (cpc), dan competition akan terlihat.

Sehingga Anda bisa meriset lebih dalam terkait kata kunci yang akan Anda ambil sebagai bahan konten.

Keyword Everywhere

Berbeda dengan kedua tools sebelumnya yang sifatnya web-based, keyword everywhere berbentuk chrome extension yang artinya ini hanya bisa digunakan untuk browser google chrome.

Dengan menggunakan plugin ini, ketika Anda cari sebuah kata kunci maka by default google akan memperlihatkan search volume, CPC dan competition nya langsung di side bar.

Seperti contoh pada gambar berikut ini.

Cara Mencari Ide Konten
sumber :google.com

Sayangnya tools ini sudah tidak gratis lagi. Anda memerlukan biaya lebih untuk bisa menggunakannya.

Ubersuggest

Orang-orang yang bergerak di bidang digital marketing khususnya praktisi SEO tentu tidak asing dengan tokoh bernama Neil Patel.

Yap, ia adalah seorang internet marketer yang merupakan praktisi SEO. Banyak konten-konten di youtubenya yang berbicara tentang SEO dan content marketing.

Ia juga memperkenalkan sebuah tools yang sangat menarik bernama ubersuggest.

Ubersuggest adalah tools SEO gratis yang khusus digunakan dalam menghasilkan gagasan kata kunci baru.

Ubersuggest memang dulunya bukan punya Neil Patel. Namun, ia mengakuisisi tools tersebut dan menambahkan beberapa fitur bermanfaat.

Cara Mencari Ide konten

Menariknya, tidak hanya menampilkan kata kunci yang disarankan sebagaimana google dan tools lainnya. Ubersuggest juga memberikan saran untuk konten-konten yang memang lagi viral dan bisa juga jadi ide konten.

Anda bisa lihat pada gambar tersebut, Anda angka yang merupakan jumlah share dari facebook. Semakin angka itu tinggi artinya konten itu semakin viral.

Kalau konten sudah viral artinya ini merupakan konten yang pasarnya ada banyak dan Anda juga bisa mengambilnya.

Baca Juga: Marketing Mix 7P Panduan Lengkap untuk Para Marketer

Buzzsumo

Cara mencari ide konten selanjutnya adalah dengan menggunakan platform buzzsumo. Sama halnya dengan ubersuggest, di buzzumo Anda juga bisa mencari ide konten yang lagi viral.

Cara Mencari Ide Konten
sumber: google.com

Bahkan Anda juga bisa menentukan tipe konten apa yang sedang Anda cari apakah berbentuk artikel, infographic, atau apapun.

Sayangnya, tools ini berbayar. Anda diberi kesempatan free trial selama 7 hari. Setelah itu Anda harus membayarnya.

Ahrefs

Cara mencari ide konten yang terakhir adalah dengan menggunakan ahrefs. Tools ini yang sering digunakan para praktisi SEO untuk mencari ide konten yang “gurih”.

Anda bahkan bisa melihat jumlah backlink dan sumber-sumber backlink website kompetitor. Begitupun dengan tingkat traffic mereka berdasarkan kata kunci.

Cara Mencari Ide Konten
sumber: google.com

Sayangnya tools ini bisa terbilang sangat mahal. Ia lebih mahal dari tools-tools sebelumnya. Tapi ia amat worth it digunakan oleh perusahaan besar atau startup yang memang sedang mengembangkan bisnisnya dan berencara untuk membangun SEO untuk bisnisnya.

Baca Juga: Lean Startup (Metode Tepat untuk Validasi Pasar)

Penutup

Nah, itulah enam cara mencari ide konten yang perlu Anda ketahui. Sebagai seorang penulis ataupun content creator, ide menjadi hal yang sangat penting. Ide dan eksekusi adalah kedua variabel yang tidak boleh lepas satupun.

Bila saat ini ide Anda sedang stagnan, maka Anda bisa mencoba keenam cara di atas dan bila tulisan ini bermanfaat maka silahkan untuk disebarkan seluas-luasnya.

Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here