IKIGAI: Sebuah Konsep Kebahagiaan dari Jepang

0
88 views
Ikigai

Okinawa, sebuah daerah di Jepang yang ternyata memiliki tingkat angka harapan hidup yang tinggi. Mereka memiliki usia yang rerata panjang-panjang. Ternyata rahasianya adalah karena mereka memiliki ikigai yang kuat.

Tentu kita bertanya-tanya apa yang dimaksud dengan ikigai tersebut. Mengapa orang Jepang mengadopsinya dengan begitu dalam sehingga membuat mereka begitu bahagia. Bahkan efeknya terjadi pada umur mereka yang rerata panjang.

Mari kita simak lebih lanjut tentang ikigai ini.

Ikigai
sumber: UX Collective

Baca Juga: Cara Mencari Ide Konten agar Lebih Kreatif

Makna Ikigai

Ikigai didefinisikan secara umum adalah alasan seseorang untuk hidup atau dalam bahasa Inggris disebut reason for being.

Dalam buku karya Hector Gracia dan Francesc Miralles yang berjudul “Ikigai : Rahasia hidup bahagia dan panjang umur orang Jepang” dijelaskan bahwai ikigai terdiri dari 2 kata iki yang berarti kehidupan dan gai yang berarti berharga.

Jadi, ikigai dapat juga didefinisikan secara bahasa sebagai kehidupan yang menjadi berharga. Ya, kehidupan ini memang sangat berharga dan sayang bila banyak orang tidak memaknai kehidupannya dengan baik.

Rasa bosan, stress, gundah dan gulana sudah sepantasnya dihilangkan dalam setiap aktivitas hidup manusia. Karena ia hanya akan menemani manusia sesaat, ya sesaat. Tidak ada orang yang betah dalam kondisi demikian. Maka wajar bila akhirnya mereka memutuskan mengakhiri hidupnya.

Bila ia memiliki ikigai, tentu lain ceritanya.

Konsep Ikigai

Konsep ini biasanya digambarkan dalam sebuah lingkaran yang saling beririsan. Setiap lingkaran memiliki pertanyaan yang perlu dijawab. Biar lebih jelas silahkan simak gambar di bawah ini.

Ikigai - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
sumber: wikipedia

Setidaknya ada empat pertanyaan yang melandasi hadirnya ikigai di dalam kehidupan manusia, yaitu :

  1. what you love = apa yang kamu cintai?
  2. what you are good at = apa yang kamu kuasai?
  3. what you can be paid for = apa yang bisa membayar Anda?
  4. what the world needs = apa yang orang lain butuhkan dari Anda?

Keempat pertanyaan ini yang harus Anda jawab.

Baca Juga: Lean Startup (Metode Membangun Startup yang Tervalidasi Pasar)

What you love

Cinta adalah bicara soal rasa. Ketika rasa itu telah hadir maka mudah bagi seseorang untuk menghadirkan sesuatu atau melakukan apapun terhadap siapapun yang ia hadirkan rasa cinta.

Kalau Anda mencintai seseorang, tentu akan mudah bagi Anda melakukan apapun untuk orang yang Anda cintai. Bukan, begitu?

What you are good at

Apa yang Anda cintai belum tentu Anda kuasai begitupun sebaliknya. ini layaknya sebuah pekerjaan. Katakanlah Anda mencintai musik tetapi belum tentu Anda menguasai permainan musik.

Atau katakanlah Anda menguasai musik tapi belum tentu Anda mencintainya, bukan?

Di sisi ini, Anda cukup mengetahui apa yang sekiranya Anda kuasai. Mungkin menulis, mengedit video, public speaking atau hal lainnya.

What you can be paid for

Ini adalah pertanyaan yang harus menjawab bagaimana Anda akan dibayar. Ada orang bekerja tidak sesuai apa yang ia kuasai.

Ini umum terjadi pada orang yang kerjanya serabutan. Sebenarnya ia menguasai suatu bidang, sayangnya ia belum menemukan orang yang mau membayar bidangnya tersebut.

Alhasil ia cukup bekerja sesuai apa yang memang sedang dibutuhkan.

What the world needs

Ini tidak jauh beda pada pembahasan sebelumnya. Namun, ini bisa dilihat dari sisi yang membutuhkan jasa atau pemberi uangnya.

Ketika Anda menguasai sesuatu tetapi kenyataannya tidak dibutuhkan oleh lingkungan Anda, aktivitas Anda hanya akan berguna untuk Anda tidak untuk orang lain.

Maka pertanyaan mendasar di sini, Anda harus tahu apa yang sebenarnya orang lain butuhkan.

Sistem Irisan

Pada akhirnya keempat pertanyaan tersebut sebenarnya harus memiliki irisan untuk membentuk suatu variabel yang bisa menguatkan Anda untuk bisa menjalankan aktivitas dengan lebih baik.

Irisan tersebut akan membentuk variabel, diantaranya:

  1. Passion
  2. Profession
  3. Vocation
  4. Mission.

Passion

Ini merupakan irisan dari 2 pertanyaan yaitu apa yang Anda cintai dan Anda kuasai. Tentu akan menjadi sangat menyenangkan apabila kita mencintai apa yang kita kuasai.

Sama seperti penjelasan saya sebelumnya, ketika Anda mencintai musik dan Anda menguasainya disitulah passion Anda berada.

Anda akan lebih bersemangat dalam membangun karya ketika passion Anda telah ditemukan. Proses hidup akan berjalan lebih menyenangkan. Bukan, begitu?

Profession

Irisan yang satu ini merupakan gabungan dari apa yang Anda kuasai dan akhirnya Anda dibayar untuk itu. Ini umum terjadi oleh para profesional.

Mereka menguasai suatu bidang dan akhirnya karena kemampuannya ia dibayar atas keahliannya. Bentuk irisan yang umum terutama bagi para pekerja profesional.

Sayangnya banyak yang tidak menghadirkan cinta pada pekerjaan yang mereka kuasai dan mereka dibayar untuknya. Alhasil, yang terjadi mereka hanya akan menghadirkan stress yang mungkin saja berdampak pada rasa ingin bunuh diri. Mengerikan, bukan?

Vocation

Apa yang orang lain butuhkan dan Anda layak dibayar untuk itu merupakan bentuk dari vocation. Ini seperti Anda diminta untuk membuat sebuah musik untuk seruan perdamaian dan Anda dibayar untuk itu.

Disitulah vocation alias keahlian Anda yang akhirnya berguna bagi orang lain dan mereka rela bayar untuk itu.

Mission

Apa yang orang lain butuhkan dan Anda mencintainya disitulah mission Anda. Sering terjadi kepada orang-orang yang bekerja pada sektor ekonomi ketiga yaitu NGO.

Sektor ini adalah sektor yang mengedepankan sisi sosial dalam segala aktivitasnya. Ketika Anda memiliki jiwa sosial yang tinggi, mencintai aktivitas membantu orang lain dan ternyata banyak orang membutuhkannya maka disanalah Anda memiliki mission.

Baca Juga: Affiliate Marketing yang kini menjadi trend di Internet Marketer

Ikigai

Lalu, bagaimana ikigai kebentuk?

ikigai akan kebentuk ketika Anda berhasil untuk melakukan irisan pada keempat variabel yaitu passion, mission, vocation dan profession.

Dengan irisan keempat variabel tersebut, Anda akan lebih bersemangat dalam menjalankan hidup. Bahkan, Anda akan merasa bahwa hidup ini tidak boleh dijalankan dengan sia-sia.

Perasaan-perasaan negatif seperti stress, gundah, galau dan sebagainya yang membuat demotivation tidak akan pernah hadir lagi ketika Anda telah memiliki ikigai.

Penting? Jelas penting. Tapi memang bukan perkara mudah untuk bisa mendapatkan irisan dari keempat variabel tersebut.

Namun, bila Anda mendapatkannya. Tentu keajaiban-keajaibam positif akan dengan mudah hadir dalam kehidupan Anda. Sebagaimana yang dirasakan masyarakat Jepang yang ternyata saat mereka memiliki ikigai, umur mereka jadi lebih panjang dan kebahagiaan lebih mudah terasa.

Penutup

Itulah penjelasan tentang ikigai yang penting Anda ketahui. Karena banyak orang yang terjerembap dengan keadaan negatif karena ia kehilangan variabel-variabel passion, mission, vocation dan profession.

Sekarang sudahkah Anda menemukan ikigai Anda? Bila belum, segera dicari ya.

Semoga artikel ini bermanfaat dan silahkan untuk disebarkan seluas-luasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here