Home Finance 4 Jenis Investasi Online ini Cocok untuk Kamu yang Milenial

4 Jenis Investasi Online ini Cocok untuk Kamu yang Milenial

0
4 Jenis Investasi Online ini Cocok untuk Kamu yang Milenial

Bagi kamu yang saat ini sedang memikirkan bagaimana cara mendapatkan penghasilan tambahan maka saatnya kamu memikirkan untuk melakukan investasi online. Siapapun orangnya pasti tidak ingin memiliki penghasilan pas-pasan. Mereka menginginkan penghasilan yang lebih setiap bulannya.

Mereka tidak ingin uangnya habis begitu saja setiap bulan tanpa sisa. Salah satu solusi yang bisa digunakan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan melakukan investasi online.

Bagi kamu yang merupakan fresh graduate, biasanya antara kebutuhan pokok dengan gaji yang didapatkan masih terdapat sisa yang bisa diperuntukkan untuk hal lain. Daripada digunakan untuk hiburan, lebih baik kamu mulai menggunakannya untuk investasi online. Berikut adalah 4 jenis investasi online yang bisa kamu coba sebagai seorang milenial.

Baca Juga: Cara Menghasilkan Uang dari Blog, Inilah Caranya!

Investasi Online
sumber: okezone

Investasi Emas

Banyak pakar mengatakan bahwa emas adalah investasi yang tepat untuk jangka panjang. Emas memiliki tingkat nilai yang relatif naik dalam jangka panjang.

Bila kamu ingin mencoba memulai investasi emas ini, kamu tidak perlu repot-repot ke tempat jual-beli emas. Ada beberapa penyedia aplikasi yang akan memudahkanmu investasi emas secara online ini.

Salah satunya adalah tamasia. Aplikasi ini akan memudahkan kamu untuk membeli dan memiliki emas. Bahkan kamu bisa memulai investasi emasmu dengan modal Rp10.000.

Kemudian platform marketplace seperti tokopedia dan bukalapak juga menyediakan fasilitas investasi emas. Bukalapak menyebutnya dengan buka emas dan tokopedia menyebutnya dengan tokopedia emas.

Kamu bisa mencoba investasi emas di salah satu platform tersebut.

Investasi Online
sumber: lifepal

Investasi Reksadana

Investasi online yang kedua adalah reksadana. Ini cocok buat kamu yang minim dana dan tidak cakap dalam membaca pasar. Dalam investasi reksadana, uang kamu akan dikelola oleh manajer investasi untuk dimasukan kepada aset yang menguntungkan.

Harus ke perusahaannya dong? Enggak kok, tenang aja kamu bisa mulai investasi reksadana dari rumah. Kamu bisa menggunakan beberapa aplikasi untuk memudahkanmu bertransaksi reksadana.

Aplikasi tersebut, diantaranya:

  1. Bareksa, ini merupakan reksadana online pertama di Indonesia. Ia telah memperoleh lisensi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Kamu bisa memulai investasi di aplikasi ini hanya dengan modal Rp100.000.
  2. Commonwealth, aplikasi ini menyediakan 70 produk reksadana dari 10 manajer investasi.
  3. XDana, aplikasi ini tidak hanya sebagai tempat penjualan reksadana tetapi juga memberikan edukasi tentang keuangan bagi user-nya. Kamu akan menemukan produk reksadana dari 7 manajer investasi terpilih dari aplikasi ini.

Baca Juga: Pentingnya Website untuk Bisnis Anda, Inilah Alasannya!

Investasi Online
sumber: okezone

Investasi Saham

Instrumen investasi online berikutnya yang bisa dicoba khususnya bagi para milenial adalah investasi saham. Berbeda dengan reksadana yang memiliki manajer investasi. Pada investasi saham kamu harus cakap untuk membaca pasar.

Dalam hal ini, kamu perlu untuk sering-sering lihat berita. Hal tersebut dikarenakan, salah satu faktor yang menyebabkan naik turunnya harga saham adalah berita.

Bila berita negatif maka saham akan turun dan bila berita positif maka sahamnya akan naik. Nah, kalau kamu ingin menghasilkan uang melalui saham maka ada 2 cara.

  1. Dividen, ini merupakan pembagian hasil perusahaan yang dibagikan kepada para pemegang saham dari keuntungan perusahaan.
  2. Capital Gain, ini merupakan cara bermain saham dengan menjualnya ketika harga telah naik. Rumus mudahnya, harga jual lebih besar daripada harga beli.

Berikut adalah aplikasi saham online yang bisa kamu gunakan untuk bertransi saham dengan lebih mudah.

  1. Stockbit.
  2. BNI Sekuritas.
  3. Mandiri Sekuritas.
  4. Ipotultima.
  5. Mirae Sekuritas.
Investasi Online
sumber: koinworks

Investasi P2P Lending

Pastinya kamu tidak asing dengan istilah fintech. Yap, istilah mulai sering bergema khususnya di tahun 2019 dan 2020. Fintech alias financial technology hadir dengan berbagai macam jenis. Salah satunya adalah jenis investasi yang terbagi menjadi crowdfunding dan P2P Lending.

Jenis investasi yang satu ini juga turut meramaikan jagat investasi syariah. Banyak diantara mereka menggunakan konsep syariah sebagai sistem investasinya.

Salah satunya adalah Qazwa.id. P2P Lending berbasis syariah ini mengedepankan investasi yang ditujukan kepada umkm. Mereka memiliki tujuan untuk membantu pelaku umkm agar bisa mendapatkan tambahan dana untuk usahanya.

Selain itu, ada juga danasyariah.id yang merupakan platform investasi syariah yang mendanai properti dan juga pendanaan sosial.

Baik qazwa.id maupun danasyariah.id bisa kamu coba sebagai media kamu berinvestasi secara online. Danasyariah.id memiliki aplikasi yang bisa kamu download dan kamu bisa langsung transaksi di sana sedangkan qazwa.id masih berbentuk web dan belum ada aplikasinya.

Penutup

Nah, itulah 4 jenis investasi online yang bisa Anda coba. Pilihlah jenis investasi yang memang sesuai dengan karakteristik Anda. Bila Anda orang yang risk taker maka saham bisa menjadi pilihan. Namun, bila risk averse maka reksadana bisa jadi opsi.

Silahkan sebarkan informasi ini seluas-luasnya agar pembaca yang lain juga bisa merasakan manfaatnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here