Mengatur Keuangan Saat Pandemi Menjadi Penting Sebelum Terlambat

1
116 views
Mengatur Keuangan Saat Pandemi

Mengatur Keuangan Saat Pandemi Menjadi Penting Sebelum Terlambat– Masa-masa pandemi saat ini menjadi tantangan sendiri untuk diri kita. Terutama bila bicara perkara ekonomi.

Kondisi keuangan berubah signifikan. Karena beberapa perusahaan terpaksa melakukan PHK atau merumahkan beberapa karyawannya dengan konsekuensi uang gajinya dipotong. Lagi-lagi ini bicara soal efisiensi biaya.

Tentunya ini berdampak terhadap setiap pekerja. Penghasilannya berkurang dan ia harus berpikir untuk tetap bertahan hidup meski penghasilan berkurang. Terlebih mereka yang saat ini sudah memiliki keluarga.

Tanggung jawab untuk tetap menafkahi menjadi hal yang harus dijalankan apapun kondisinya. Sulit? Ya pastinya tetapi mau mengeluhpun tidak akan merubah keadaan.

Oleh sebab itu, penting untuk kita mengetahui cara mengatur keuangan saat pandemi. Terlebih kita tidak pernah tahu kapan pandemi ini akan berakhir.

Daripada mikirin kapan berakhirnya, mending persiapkan dari sekarang cara mengatur keuangannya. Yuk simak sampai habis.

Baca Juga: 4 Jenis Investasi Online ini Cocok untuk Anda Milenial

Mengatur Keuangan Saat Pandemi
sumber: my money sage

Atur Ulang Rencana Keuangan

Buat Anda yang terbiasa rapih dalam menyusun anggaran keuangan rumah tangga, maka Anda perlu mengatur ulang anggaran tersebut.

Ingat kondisi anggaran pada kondisi normal tidak bisa disamakan dengan kondisi saat ini. Anda perlu lebih bijak mengatur ulang anggaran tersebut.

Mulailah dengan mencoret hal-hal yang bisa ditunda atau mengurangi hal-hal yang sifatnya “tambahan”. Seperti, membeli cemilan, rekreasi, beli pakaian baru (kecuali kalau gak ada pakaian lagi) dan sebagainya.

Tentunya kita perlu untuk memperhatikan skala prioritas. Urutkanlah anggaran dari mulai perkara yang paling penting yang mana bila ia tidak ditunaikan maka akan mengganggu aktivitas. Seperti makan, bayar listrik, wifi, susu anak dan sebagainya.

Baca Juga: Channel Youtube Digital Marketing 2020

Hindari Membeli Barang Secara Cicil

Sebenarnya selama Anda tidak meletakkan barang-barang tersier sebagai list dari kebutuhan maka Anda bisa saja terhindar dari pembelian barang secara cicil.

Karena biasanya produk-produk yang dibeli secara cicil adalah produk sekunder atau tersier. Bila atas sebuah alasan Anda terpaksa membeli produk tersebut maka jangan menggunakan skema cicilan.

Selain bunga yang memberatkan, adanya cicilan membuat pengelolaan keuangan kita menjadi tidak baik. Anda akan memasukkan porsi cicilan pada daftar anggaran Anda.

Tentunya ini akan memberatkan kedepannya. Bilapun Anda ingin membeli produk sekunder atau tersier seperti membeli earphone with mic untuk memudahkan komunikasi maka belilah yang harganya sesuai dengan stok uang yang sedang dipegang.

Murah? Tidak lebih berkualitas? Tidak masalah, selama produk tersebut masih bisa berfungsi maka tidak menjadi sebuah masalah.

Bila keadaan sudah membaik maka Anda bisa beli produk yang lebih berkualitas. Yang penting tidak mencicil.

Mengatur Keuangan Saat Pandemi
sumber: Okezone Ekonomi

Mendapatkan Penghasilan Tambahan

Bila pekerjaan utama Anda mengalami penurunan dan melakukan efisiensi biaya sehingga gaji Anda menurun maka jangan salahkan perusahaan dan jangan mengeluh terlalu lama.

Sebenarnya Anda juga bisa mengembalikan kembali penghasilan Anda seperti semula dengan mencari penghasilan tambahan. Penghasilan tersebut bisa dihasilkan melalui skill yang Anda miliki.

Misal, Anda sekarang bekerja di sebuah kantor BUMN. Akibat pandemi gaji Anda yang awalnya 8 juta kini menjadi 4 juta. Sedangkan ada keluarga di rumah yang harus dinafkahi.

Nah, ternyata Anda memiliki skill yaitu skill membuat website yang sebenarnya bisa Anda, “kapitalisasi”. Anda bisa mengerjakan proyek-proyek freelance pembuatan website atau membuka kelas website.

Beberapa situs freelance yang bisa Anda coba untuk mendapatkan proyek diantaranya:

  1. projects.co.id
  2. sribulancer.com
  3. fiverr.com
  4. upworks.com
  5. freelancer.com
  6. dan masih banyak lagi.

Dengan membuka jasa freelance maka Anda bisa mendapatkan penghasilan tambahan. Tentunya ini bisa Anda lakukan meskipun ada pekerjaan utama.

Mengingat di masa pandemi banyak waktu luang yang bisa dimanfaatkan.

Baca Juga: Bisnis Custom yang Kini Kian Digemari

Penutup

Itulah 3 tips mengatur keuangan di saat pandemi. Ingat, bahwa uang itu tidak mudah untuk didapatkan. Oleh sebab itu, Anda perlu untuk mengelolanya dengan baik apalagi di masa pandemi saat ini.

Penghasilan berkurang, kondisi bisnis fluktuatif, penjagaan paling aman adalah penjagaan cashflow. Jadi, tetap atur keuangan Anda dengan baik ya.

Semoga artikel ini bermanfaat dan silahkan sebarkan seluas-luasnya. Jika Anda tertarik dengan konten keuangan seperti ini, Anda bisa juga melihat tulisan lainnya diĀ Topik Keuangan.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here