Cara Memulai Bisnis dari Nol tanpa Modal untuk Pemula

0
127 views
Cara Memulai Bisnis dari Nol

Cara Memulai Bisnis dari Nol – Sebagai seorang pemula dalam bisnis seringkali banyak pertimbangan yang membuat akhirnya seseorang tidak kunjung memulai bisnis.

Tidak ada modal, takut produknya gak laku akhirnya tersimpan sia-sia, belum tahu produk mana yang laris dan sebagainya.

Alasan-alasan tersebut sebenarnya alasan klasik, tapi tetap saja menjadi mindset yang terus hadir. Padahal bila kita mau tengok lebih luas, nyatanya banyak jenis bisnis yang sebenarnya amat mudah.

Ketakutan seperti tidak ada modal, produk tidak laku, dan sebagainya sudah tidak berlaku lagi bila menggunakan sistem bisnis tersebut.

Bisnis apa saja itu?

Ada bisnis dropship dan ada bisnis affiliasi. Kedua jenis bisnis ini tidak butuh modal (ya paling modal gadget dan internet).

Bisnis dropship adalah sebuah bisnis yang menghubungkan end user dengan supplier ya gampangnya makelar sih. Cuma, penjualan tetap terjadi antara dropshipper dengan end user.

Bila pembelian telah terjadi maka dropshipper akan melanjutkan pesanan ke supplier dan supplier akan mengirimkan pesanan tersebut langsung ke end user.

Baca Juga: Konsep Dropship dalam Dunia Internet Marketing

Kemudian ada bisnis affiliasi. Bisnis ini gampangnya adalah bisnis referensi. Dimana ketika ada seseorang membeli produk atau jasa melalui referensi Anda maka Anda akan mendapatkan komisi.

Sekilas mirip seperti MLM tetapi ada perbedaannya. Yaitu bila MLM maka yang terjadi adalah member get member. Anda bisa mendapatkan bonus bila merekrut member yang mana Anda juga sudah menjadi member.

Nah dalam sistem affiliasi,meskipun Anda belum menjadi member atau belum memiliki produk tersebut, Anda tetap bisa menjualnya.

Menarik, bukan?

Baca Juga: Affiliate Marketing yang Kini Menjadi Trend Internet Marketer

Oke, kembali ke topik utama. Lalu, bagaimana caranya bisa memulai bisnis tersebut dari nol? Pasti, butuh proses kan?

Yap, betul sekali pada dasarnya semua tidak ada yang instan dan butuh proses dan beginilah prosesnya.

Riset Market

Market, market dan market. Cara memulai bisnis dari nol adalah dengan memulai dari riset market. Kalau Anda akan menjual sesuatu pasti butuh orang yang membeli produk Anda.

Kalau produk Anda tidak ada marketnya gimana mau terjadi penjualan. Betul, kan? Hehe.

Nah, Anda bisa mulai riset market melalui dua hal yaitu melalui google trends ataupun melalui google keyword planner.

Kalau Anda ke google trends, maka Anda bisa langsung memilih negara tujuan dan lihat seberapa besar marketnya melalui kata kunci yang Anda ketikka.

Misal saya ingin menjual e-course cara membuat blog yang menghasilkan. Maka Anda bisa ketikkan kata kunci, “Cara Membuat Blog” seperti gambar di bawah ini.

Cara Memulai bisnis dari nol

Anda bisa lihat, bahwa hampir setiap hari kata kunci cara mencari blog selalu dicari. Artinya ini potensi untuk Anda agar mendapatkan market tersebut.

Membuat akun Jualan

Sudah riset market? bila riset market sudah selesai otomatis produk yang akan Anda jual juga sudah ditentukan. Nah, langkah berikutnya adalah membuat akun jualan.

Anda bisa mulai membuat akun instagram dan facebook untuk berjualan. Pastikan Anda menggunakan instagram bisnis agar penjualan Anda lebih profesional.

Apakah perlu buat website? Untuk meningkatkan branding Anda dan untuk menang penjualan di google maka Anda perlu untuk membuat website.

Dengan adanya website, pembeli akan lebih trust terhadap produk yang Anda jual. Kalau Anda belum bisa membuat website dan ingin belajar membuat website, Anda bisa mengikuti kelas digital yang diselenggarakan oleh octaseed tentang cara belajar membuat website profesional.

Saran saya, segera miliki website atau paling tidak booking dulu domain yang sesuai dengan bisnis Anda. Karena domain Anda bisa saja diambil orang duluan.

Selain sosial media (Facebook dan Instagram), youtube juga bisa segera Anda buatkan akunnya untuk berjualan. Karena tidak jarang terjadi pembelian juga melalui youtube.

Cara Memulai Bisnis dari Nol
sumber: ekrut.com

Optimasi Akun Jualan

Mulailah untuk mengoptimasi akun-akun jualan Anda. Mengoptimasi akun jualan bisa dengan dua cara yaitu dengan cara organik dan dengan cara berbayar.

Saran saya, maksimalkan optimasi akun Anda dengan cara organik. Bila Anda tidak memiliki banyak waktu luang maka Anda bisa memanfaatkan tools yang akan membantu Anda mengelola sosial media, terutama instagram.

Anda bisa menggunakan tools Virol untuk mengoptimasi akun instagram Anda. Ada banyak fitur yang dihadirkan di sana. Anda akan terasa seperti memiliki admin sosial media dengan biaya sangat murah.

Bikin konten di instagram saja? Nah, saran saya Anda harus bikin konten di semua lini termasuk youtube. Masih ingat strategi massive imperfect action?

Baca Juga: Strategi Massive Imperfect Action karya Mario Brown

Dalam strategi tersebut, Mario Brown menjelaskan untuk melakukan “aktivitas brutal” pada setiap akun jualan. Strategi ini juga diterapkan oleh member-member Sekolah Bisnis 1 Milyard (SB1M).

Dengan strategi “brutal”, traffic banyak yang datang dan penjualanpun meningkat.

Cara Memulai Bisnis dari Nol
sumber: lynda.com

Bangun Database

Cara memulai bisnis dari nol yang terakhir adalah dengan memulai membangun database. Database bisa didapatkan dari orang yang pernah membeli produk kita atau leads alias potential buyer dari produk kita.

Data apa yang dikumpulkan? Paling tidak 2 hal yaitu email dan nomor whatsapp. Bila tidak bisa mendapatkan keduanya ya paling minim yaitu email.

Karena email pada dasarnya sangat jarang untuk diganti. Algoritmanya pun tidak seribet sosial media lainnyan bahkan cenderung statis.

Membangun database penting untuk meningkatkan repeat order dan menambah penjualan baru.

Penutup

Jadi sebenarnya memulai bisnis itu bukanlah hal yang sulit. Pikiran kita saja yang membuat itu akhirnya terasa sulit. 4 cara memulai bisnis dari nol yang sudah dijabarkan di atas mestinya membuka mata kita bahwa bisnis dapat dilakukan mulai dari sekarang.

Semoga artikel ini bermanfaat dan silahkan sebarkan seluas-luasnya. Jika Anda tertarik dengan konten bisnis seperti ini, Anda bisa juga melihat tulisan lainnya di Topik Bisnis. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here