Cara Content Creator Menghasilkan Uang: Ada Free Ebook

0
179 views
Cara Menghasilkan Uang dari Sosial media
Sumber: unsplash (@convertkit)

Cara Content Creator Menghasilkan Uang – Pada masa saat ini industri kreatif semakin banyak diisi oleh para content creator.

Content creator yang dimaksud di sini adalah mereka yang membuat konten untuk membangun personal branding mereka.

sumber: channel Youtube Dendy Herdianto

Ada yang membuat konten dengan topik gado-gado (campuran, apapun dibahas dan dibuat). Ada juga yang membuat konten dengan topik yang spesifik (misal: self development, video editing, design dan sebagainya).

Mereka membuat konten dengan maksud memberikan edukasi kepada para followersnya tentang keahlian yang mereka miliki.

Semakin mereka berbagi konten, semakin banyak orang yang loyal dan menjadi pengikut mereka. Lama kelamaan sang content creator bisa juga berperan sebagai seorang influencer.

Kemudian pertanyaan berikutnya dari mana mereka mendapatkan uang? Apakah mereka dibayar oleh Facebook ataupun tiktok?

Tentu bukan, mereka dibayar oleh pihak-pihak yang membutuhkan jasa mereka. Nah, biar kamu enggak tambah penasaran yuk kita bahas sumber cuan para content creator.

Cara Content Creator Menghasilkan Uang
sumber: unsplash (@eaterscollective)

Endorse

Salah satu sumber penghasilan yang populer dari seorang content creator terkait dengan cara content creator menghasilkan uang adalah melalui jasa endorse. Sebagaimana yang dijelaskan sebelumnya bahwa seorang content creator juga berperan sebagai influencer.

Terlebih para content creator punya topik spesifik yang dibahas di kontennya. Ini membuat brand-brand tertarik untuk meminta jasa endorse kepada mereka.

Contohnya, bila kamu adalah seorang video editor dan membuat konten di sosial media tentang bagaimana cara mengedit video maka hal yang terkait dengan pembuatan videography memiliki potensi dimintakan endorsement.

Misal, hal yang terkait adalah kamera dan mic. Para pemilik brand kamera atau mic akan meminta endorse dari video editor tersebut. Akhirnya si content creator video editor pun mendapatkan cuan dari sana.

Jual Jasa

Tidak jarang orang yang membuat konten akhirnya mendapatkan klien dari sosial media mereka. Loh kok bisa?

Begini, kan mereka membuat konten di sosial media tentang skill mereka. Hal ini kemudian membuat klien akhirnya trust kepada mereka dan akhirnya menggunakan jasa mereka.

Misalnya saja content creator video editor yaitu @alphaworks.id. Dari proses dirinya membuat sebuah konten tentang cara mengedit video, ia akhirnya mendapatkan banyak klien yang meminta dibuatkan video melalui dirinya.

Ada juga content creator designer yang membuat konten tentang design dan akhirnya mendapatkan klien untuk dibuatkan design.

Pada kasus di bisnis yang saat ini penulis sedang geluti yaitu bisnis konsultan statistik dan penelitian, Sekolah Stata. Kami juga mendapatkan klien karna mereka trust dengan video youtube yang telah kami buat.

Cara Content Creator Menghasilkan Uang
sumber: unsplash (@xtemuu)

Narasumber/Edukator

Sumber cuan dari sosial media berikutnya ketika kamu menjadi seorang content creator adalah dengan menjadi seorang narasumber.

Ketika kamu membangun konten di sosial media, followersmu akan melihatmu sebagai seseorang yang memiliki authority terkait dengan skill yang sedang kamu bahas.

Misalkan saja akun @syammasfitria yang juga dijuluki sebagai Dr Canva. Sering sekali beliau diundang sebagai narasumber/edukator dengan topik cara membuat design dengan canva.

Undangannya berasal mulai dari komunitas hingga korporat dan BUMN. Wah bisa kebayang ya beliau dibayar berapa. Pastinya jutaan apalagi korporat dan BUMN.

Jual Produk Sendiri/Orang Lain

Followers gak banyak nih, sulit untuk menerima endorse. Nah, jangan khawatir. Bila kamu belum memiliki followers yang banyak misalkan saja belum sampai 10 ribu. Kamu tetap bisa mendapatkan cuan dari sosial media dengan cara menjual produk sendiri.

Hal ini yang dilakukan oleh Adrian dari akun @introvertgaul. Pada waktu itu followersnya belum mencapai 10k. Tetapi ia sudah mencoba menjual sebuah buku dengan bonus ebook yang sudah ia buat.

Buku tersebut ia beli secara dropship dengan margin sekitar Rp10ribu. Alhasil ia berhasil menjual ratusan buku dan memperoleh profit hingga Rp2 juta. Wah, lumayan kan.

Membuat Ecourse

Lanjut ya ke sumber penghasilan berikutnya dari sosial media para content creator yaitu dengan membuat ecourse.

Ini juga sering sekali dilakukan oleh para content creator. Tujuan dibuatnya ecourse adalah supaya followersnya bisa mendalami skill yang sedang ia bahas dan bisa lebih fokus.

Karena di dalam ecourse pembahasannya tersusun runut sesuai kurikulum dan goals yang ingin dicapai.

Salah satu content creator yang membuat ecourse adalah dokter canva alias Syammas Fitria. Ia membuat ecourse yaitu klinik canva.

Di dalam ecourse tersebut kamu diajarkan bagaimana cara membuat design dari canva mulai dari fundamental design, tutorial edit hingga monetisasi design dari canva.

Bila kamu ingin ikut klink canva kamu bisa langsung join di sini.

Cara Menghasilkan Uang dari Sosial Media

Free Ebook #1 Konten Lagi

Nah itulah tadi pembahasan tentang sumber-sumber cuan dari sosial media khususnya bagi para content creator.

Kalau kamu ingin lebih mendalami bagaimana bisa menghasilkan uang dari sosial media, langsung aja ini ada ebook dari pakarnya yaitu Bang Ogut @mudacumasekali.

Ia bahkan sudah menghasilkan uang berkisar Rp100-200 juta dari sosial media. Ia punya komunitas content creator yang membantu para membernya menghasilkan uang dari sosial media sebagai seorang content creator.

Oh ya akun-akun yang dibahas sebelumnya seperti @alphaworks, @syammasfitria, dan @introvertgaul itu adalah murid dari Bang Ogut.

Nah, di sini ada ebook persembahan dari beliau buat kamu yang ingin belajar mendapatkan uang dari sosial media.

Ebook ini gratis dan kamu bisa langsung download saja.

Mumpung gratis dan aksesnya masih dikasih sama Bang Ogut langsung saja di download ya. Langsung download kok ini tidak perlu masukin nama dan email.

Penutup

Demikianlah penjelasan tentang cara content creator menghasilkan uang. Ada setidaknya 5 sumber cuan yang dapat dihasilkan.

Semoga artikel ini bermanfaat untukmu khususnya buat kamu yang sudah mulai tertarik di dunia content creator dan ingin mencoba untuk masuk ke industri tersebut.

Jika kamu tertarik dengan konten internet marketing seperti ini, Anda bisa juga melihat tulisan lainnya di Topik Internet Marketing. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here