Cara Membuat Landing Page dengan Elementor Terbaru 2021

0
137 views
elementor 2021

Cara Membuat Landing Page dengan Elementor – Buat kamu yang terbiasa “bermain” di dunia internet marketing pasti tidak asing dengan istilah landing page.

Landing page seringkali disamakan dengan website. Padahal tetap mereka memiliki perbedaan. Landing page adalah bagian dari website.

Dalam sebuah website terdapat beberapa halaman/page salah satunya landing page ini. Kalau kamu menemukan dalam sebuah website terdapat menu di bagian atas.

Contohnya seperti ini:

Cara Membuat Landing Page dengan Elementor

Di dalam landing page umumnya tidak ada menu seperti itu. Ia langsung 1 halaman dari awal penjelasan hingga akhir call to action.

Cara Membuat Landing Page dengan Elementor
sumber: juraganaqiqah.co.id

Ini adalah contoh dari landing page. Mengapa tidak ada menunya? Agar konsumen terfokus pada produk yang sedang ia baca pada halaman tersebut.

Dari awal yaitu headline hingga akhirnya call to action. Oleh sebab itu, 1 landing page umumnya dimaksimalkan untuk 1 produk.

Oke, sekarang kita kembali ke topik utama yaitu cara membuat landing pagenya. Apakah perlu menggunakan teknik coding?

Jawabannya, TIDAK. Yap, kamu tidak perlu memiliki ilm coding untuk bisa membuat sebuah landing page. Kamu cukup punya toolsnya saja salah satunya elementor.

Baca Juga: Cara Membuat Konten Iklan Video dengan Canva

Cara Membuat Landing Page dengan Elementor

Apa itu elementor? Elementor adalah plugin wordpress yang digunakan untuk membuat sebuah halaman atau biasa disebut juga sebagai page builder.

Sebenarnya ada beberapa plugin yang bisa digunakan untuk page builder seperti beaver builder, ux builder, dan sebagainya.

Tetapi yang paling umum dan menurut penulis lebih user friendly untuk digunakan adalah elementor.

Dengan menggunakan plugin ini kamu bisa membuat halaman website semudah drag and drop. Ini sama seperti ketika kamu menggunakan canva. Yap semudah itu loh.

Baca Juga: Ranking 0 di Google? Bagaimana caranya? + Studi Kasus

Persiapan Membuat Landing Page

Oke, sekarang kita masuk ke tahap persiapan. Ada setidaknya 3 hal yang harus kamu siapkan untuk membuat landing page.

Pertama, kamu perlu menyiapkan domain dan hosting untuk websitemu. Domain adalah alamat website seperti dendyherdianto.com dan hosting adalah kapasitas websitenya.

Semakin besar kapasitasnya semakin mahal hosting yang perlu kamu bayar.

Kedua, instal content management system (CMS) wordpress. WordPress adalah CMS yang sangat mudah digunakan untuk membuat website.

Sebenarnya ada banyak framework atau CMS yang bisa kamu gunakan untuk membuat website. Ada laravel, joomla, dan sebagainya.

Tetapi memang yang paling mudah adalah wordpress.

Ketiga, install plugin elementornya. Kalau kamu sudah menginstall wordpressnya maka tahap berikutnya adalah install pluginnya.

Baca Juga: 3 Level Iklan Facebook Ads

Tutorial Elementor 2021

Setelah kamu selesai melakukan instalasi yang telah dijelaskan sebelumnya, maka langkah selanjutnya kamu sudah bisa memulai membuat landing page.

Hal pertama yang harus kamu lakukan setelah melakukan instalasi adalah mulai menambahkan halaman.

Kamu bisa pilih menu “pages” kemudian klik add new. Setelah itu kamu bisa langsung memilih edit with elementor.

Oh ya kamu bisa lihat di bagian pojok kanan bawah sebelum ninja form ada “page attributes” kamu bisa ubah dulu bagian itu ke “elementor canvas”.

Selamat kamu telah masuk ke landing pagenya. Nah yang ada di bagian kiri adalah widget yaitu fitur yang bisa kamu gunakan untuk halaman websitemu.

Kamu bisa lihat ada image, video, button, title, dan masih banyak lagi. Untuk bisa memasukkan itu ke dalam halaman website kamu tinggal drag and drop aja.

Adapun structur adalah bentukkan kolom website yang akan kamu buat.

Ini adalah contoh ketika penulis telah melakukan drag and drop pada 4 widget yaitu image, title, text editor, dan button. Dengan urutan structure yaitu 2 kolom di atas dan 1 kolom dibawahnya.

Untuk lebih detailnya kamu bisa ikuti tutorial yang sudah penulis siapkan pada video berikut ini:

sumber: Youtube Channel Dendy Herdianto

Di video tersebut, penulis sudah menyiapkan tutorialnya dengan cukup detail mulai dari instalasi elementor hingga ke tahap pembuatan halaman websitenya.

Penutup

Demikianlah penjelasan tentang cara membuat landing page dengan elementor. Semoga penjelasan ini dapat membantumu membuat halaman website dengan mudah tanpa harus mengerti coding-codingan.

Jika kamu tertarik dengan konten internet marketing seperti ini, Anda bisa juga melihat tulisan lainnya di Topik Internet Marketing. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here