Iklan Facebook Ads dan 3 Levelnya yang Perlu Diketahui.

0
21 views
Level Iklan FB Ads

Iklan facebook ads dan 3 levelnya – Di zaman saat ini, iklan menggunakan media-media konvensional seperti majalah, brosur, baliho dan sebagainya mulai dikurangin.

Yap, karena mereka menyadari iklan dalam bentuk seperti itu sudah tidak lagi efektif. Udahlah biaya mahal yang nonton belum tentu adalah target market.

Jalan beriklan kini berubah yaitu dengan menggunakan media digital. Apa yang digunakan? Yap, pasti Anda juga tahu yaitu Facebook ads.

Mengapa banyak orang kini menggunakan facebook ads?

  1. Lebih murah.

Yap, bahkan lu bisa beriklan di FB Ads mulai dengan harga Rp20.000. Ya setara dengan harga kopi susu kekinian segelas kan?

Bedanya kalau kopi susu Anda hanya sekedar konsumsi kalau iklan di FB ads Anda termasuk sedang investasi yang ujungnya ya mendapatkan profit.

2. Lebih tertarget.

Berbeda dengan iklan cara konvensional yang belum tentu menyasar kepada target market yang tepat, iklan FB nyatanya bisa Anda setting untuk bisa mengincar target yang tepat.

Pengincaran tersebut bahkan bisa sangat spesifik seperti kesukaannya apa, tinggal dimana, hpnya pakai apa dan sebagainya.

Hal ini wajar mengingat facebook adalah salah satu pusat big data.

3. Bentuk Investasi

Ketika Anda beriklan di facebook sebenarnya tidak ada istilahnya boncos alias “udah iklan tapi tidak dapat apa-apa”. Et, tenang dulu, sebenarnya Anda tidak boncos.

Karena meski tidak mendapatkan uang, setidaknya Anda mendapatkan database orang-orang yang tertarik dengan produk Anda. Nah ini juga bisa ditindak lebih lanjut dengan menggunakan pixel.

Setelah memahami 3 keuntungan tersebut maka Anda pun tentu setuju untuk lebih memilih FB ads ketimbang media periklanan lainnya.

Oke, sekarang kita masuk ke pembahasan inti yaitu tentang 3 level iklan FB ads. Sebelum beriklan Anda perlu tahu ini dulu agar Anda kebayang framework bermain FB seperti apa.

Yuk kita bahas 3 level tersebut.

Baca Juga: Channel Youtube Digital Marketing 2020

Campaign

Ini adalah level awal dalam sebuah mekanisme fb ads. Pada level ini Anda akan diminta untuk menentukan objektif iklan yang akan lu buat.

Apakah objektif tersebut berupa awareness, consideration atau conversion. Setiap objektif punya cara iklannya masing-masing.

Iklan FB Ads

Dari objektif tersebut yang paling banyak digunakan adalah consideration/pertimbangan. Para digital marketer yang ingin menjual produk dan diarahakan ke web akan memilih “lalu lintas kunjungan” atau click to website.

Di dalam level ini juga Anda diminta apakah iklan ini akan displit test atau tidak. Tujuan split test agar bisa dilihat mana kampanye yang winning.

Kemudian lu juga akan diminta berapa budget yang akan lu keluarkan untuk iklan ini.

Level Iklan FB ads

Jangan lupa untuk mengaktifkan bagian, “Pengoptimalan Anggaran Kampanye” agar Anda bisa setting budget iklan Anda.

Ada dua opsi setting budget yaitu anggaran harian atau anggaran sepanjang masa promosi. Minimal budget yang bisa lu keluarkan adalah Rp20.000 per hari.

Ad Set

Level iklan berikutnya di dalam facebook ads adalah ad set. Bila Anda telah selesai pada bagian kampanye maka Anda bisa lanjut ke bagian ad set.

Di sini adalah bagian untuk menentukan spesifikasi target market Anda.

3 Level Iklan FB ads

Penargetan yang bisa lu lakukan mulai dari lokasinya dimana. Bahkan radius dari lokasi tersebut juga bisa ditentukan.

Lalu, berapa umur target market yang Anda incar. Apa jenis kelaminnya. Selanjutnya penargetan yang lebih terperinci seperti hobi, HP apa yang digunakan, tokoh apa yang ia suka dan sebagainya.

Di pojok kanan atas agak kebawah juga diinfokan berapa orang yang bisa dijangkau dengan settingan ads Anda.

Di bagian ini Anda juga bisa menentukan dimana saja iklan akan ditempatkan. Apakah di IG story, IG Feed, FB Story, FB Marketplace, FB Feed atau semuanya? Bisa juga Anda buat otomatis yang artinya iklan akan masuk ke semua platform.

Baca Juga: Inilah Algoritma Google dari Tahun 2011

Ad

Ini adalah level terakhir dalam beriklan di facebook yaitu level ad. Pada level ini, Anda harus menetukan halaman mana yang akan digunakan untuk beriklan.

Iklan FB ads

Nah, inti dari level ini sebenarnya ada di kontennya. Jadi pada bagian ini Anda harus menentukan konten mana yang akan digunakan untuk beriklan.

Konten bisa Anda buat baru dalam bentuk gambar, carousel ataupun video. Bisa juga langsung ambil ambil di akun instagram.

Bila Anda memilih objektif, “click to website” maka Anda harus memasukkan link website yang nantinya bila iklan berjalan maka siapapun yang mengkliknya akan diarahkan ke website yang Anda cantumkan.

Baca Juga: Posting Instagram di PC Menggunakan Facebook Creator Studio

Penutup

Nah, itulah 3 level iklan facebook ads yang perlu Anda ketahui sebelum memulai beriklan.

Dengan mengetahui 3 level ini Anda bisa mempersiapkan apa saja yang diperlukan sebelum beriklan.

Silahkan Anda bagikan artikel ini seluas-luasnya agar banyak orang dapat merasakan manfaatnya.

Jika Anda tertarik dengan konten internet marketing seperti ini, Anda bisa juga melihat tulisan lainnya di Topik Internet Marketing. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here