Bisnis Kopi: Trend Bisnis Masa Kini Tahun 2020 yang Layak Dicoba

0
49 views
Bisnis Kopi

Salah satu bisnis yang sedang populer saat ini adalah bisnis kopi. Coba Anda perhatikan di setiap sudut jalan.

Tidak jarang ditemui berbagai kedai kopi. Mulai dari yang tempatnya mewah hingga yang sederhana. Semua berlomba-lomba menjuluki es kopi susunya.

Biasanya mereka akan menamakan es kopi susu khasnya dengan nama kedainya. Misalnya, kedai kopi bernama koti.

Ia memiliki es kopi susu khas yang ia namakan dengan es koti kopi. Kemudian ada juga kedai kopi poligami (ini beneran ada loh namanya), ia juga memberikan ciri khas nama kopi susunya dengan nama es kopi poligami.

Meskipun sama-sama es kopi susu gula aren, tidak jarang ditemui satu kedai kopi dengan kedai kopi yang lain memiliki ciri khas tersendiri untuk es kopi susunya.

Hal ini disebabkan adanya komposisi yang khas dan penggunaan biji kopi yang tentunya akan merubah cita rasa kopi tersebut.

Apakah Anda tertarik juga untuk membuat kedai kopi?

Oke, bila Anda sudah mulai tertarik tentunya Anda tidak bisa langsung asal-asalan membuat kedai kopi. Ada hal-hal yang perlu Anda persiapkan.

Di artikel ini kita akan membahas 5 cara memulai bisnis kopi agar Anda tidak salah langkah.

Baca Juga: Bisnis Ayam yang Bisa Anda Coba untuk Memulai Bisnis Kuliner

Bisnis Kopi
sumber: google

Tentukan Tujuan Bisnis

Hal yang paling utama dalam berbisnis kopi adalah dengan menentukan tujuan berbisnis. Hati-hati jangan sampai Anda berbisnis kopi dengan tujuan “mengikuti trend”.

Ada banyak sekali pebisnis yang berbisnis dengan mengikuti trend yang akhirnya bangkrut. Sebut saja es kepal milo.

Melihat banyaknya orang yang mulai mengkonsumsi minuman penuh gula ini membuat banyak pengusaha membuka bisnis penjualan minuman ini.

Bagai jamur, hampir di setiap sudut jalan ada yang berjualan es kepal milo. Namun, tidak membutuhkan waktu lama bisnis es kepal milo ini hilang seakan ditelan zaman.

Yap, karena bisnis es kepal milo ini bisa dibilang bisnis based on viral. Dia hanya laku ketika viral. Jika sudah tidak lagi, maka konsumennya pun akan berkurang.

Begitupun ketika Anda ingin berbisnis kopi. Jangan sampai Anda menetapkan tujuan bisnis hanya karena sedang trend.

Anda harus memantapkan tujuan yang lebih spesifik. Misal, ingin menjadi kedai kopi dengan suasana co-working space terbaik di Indonesia.

Modal Harus Cukup

Bisnis kopi bukanlah bisnis tanpa modal yang bisa Anda kerjakan tanpa mengeluarkan uang sepeserpun.

Baca Juga: Cara Berbisnis dari Nol Tanpa Modal

Tentu perlu ada budget yang Anda keluarkan. Setidaknya untuk membeli bahan-bahan kopinya.

Anda bisa mulai bisnis kopi dengan modal awal Rp300.000. Modal tersebut bisa digunakan untuk membeli bahan-bahan kopi berupa biji kopi dan alat kopi yang sederhana.

Bila Anda ingin membuat kopi yang lebih praktis lagi maka Anda bisa menggunakan mesin kopi yang mana bila di total bisa mencapai Rp4.000.000 bahkan ada yang mencapai ratusan juta.

Tentu semua tergantung dari model bisnis yang akan Anda jalankan. Model bisnis take away dan dine in tentunya akan berbeda dari sisi modal.

Konsep Bisnis

Sebelumnya sudah sempat disinggung perihal model bisnis. Umumnya ada dua model bisnis dari bisnis kopi yaitu take away dan dine in.

Pelopor bisnis kopi kalangan menengah yaitu kopi kenangan menggunakan konsep take away untuk bisnisnya. Untuk kalangan atas yaitu starbuck menggunakan konsep dine in.

Lalu, bagaimana dengan model bisnis kopi kekinian? Yap biasanya bisnis kopi saat ini lebih mengusung konsep dine in dengan tata ruang yang elegan.

Coba bila Anda perhatikan banyak kedai kopi yang berlomba-lomba membuat kedai dengan design yang eye-catching. Ya gampangnya mereka membuat design yang instagram-able.

Salah satu kedai kopi yang cukup sukses dengan designnya adalah kopi nako yang berlokasi di Jalan Margonda Depok. Ada banyak sekali milenial di sana yang datang untuk berfoto ria memenuhi konten instastory atau instafeednya.

Nah, sekarang tinggal Anda nih. Ingin membuat konsep bisnis kopi seperti apa. Bila Anda memiliki budget terbatas, disarankan untuk memulai bisnis kopi dengan sistem take away.

Anda tinggal memanfaatkan penggunaan aplikasi ojek online seperti gojek dan grab untuk mengoptimasi pengorderan makanannya (gofood dan grabfood).

bisnis kopi
sumber: kimparan

Menemukan Supplier yang Tepat

Pastikan Anda telah mensurvey supplier yang tepat untuk bisnis kopi Anda. Pilihlah supplier dengan biji kopi yang berkualitas.

Karena pada akhirnya konsumen akan memperhatikan cita rasa dari kopi. Harga kopi untuk level kelas menengah umumnya sama yaitu 18.000-20.000.

Yang membedakan adalah rasa dari masing-masing kopi tersebut. Kalau Anda bisa mendapatkan supplier dengan biji kopi berkualitas pasti Anda juga bisa menghadirkan cita rasa kopi yang nikmat di lidah orang Indonesia.

Dengan demikian kopi Anda bisa dikenang dan akan seperti “adiksi” alias orang akan ketagihan untuk terus mencicipi kopi Anda. Apalagi kan orang Indonesia banyak yang doyang ngopi.

Promosi Bisnis

Bisnis kopi sudah jadi, supplier sudah nemu tapi kok tidak kunjung terjadi penjualan ya? Nah, itu artinya Anda belum memaksimalkan promosi bisnis Anda.

Mulailah untuk membuat akun-akun sosial media untuk jualan seperti instagram. Branding bisnis kopi Anda dengan menggunakan username instagram sesuai merek kopi Anda.

Baca Juga: 3 Tips Optimasi Instagram Bisnis yang Powerful untuk Bisnis

Misal, bila saya ingin menaikkan brand kopi saya yang bernama Dendy. Maka saya akan membuat akun instagram dendy.coffee atau kopi_dendy.

Terserah Anda mau mengkreasikan seperti apa tapi jangan lupa untuk menambahkan kata coffee, kopi atau sejenisnya agar calon konsumen Anda tahu bahwa itu adalah merk kopi.

Pertama Anda bisa mulai secara organik dengan mengisi konten-konten di instagram. Perkenalkan merek kopi Anda. Seiring berjalannya waktu Anda juga bisa mengisi konten-konten edukasi seperti:

  • Takaran yang pas untuk minum kopi,
  • Waktu yang tepat minum kopi,
  • Jenis biji kopi terbaik,

Dan sebagainya.

Anda juga bisa memanfaatkan ads untuk menjangkau lebih banyak audiense sehingga brand bisnis kopi Anda bisa lebih terkenal.

Penutup

Nah itulah 5 cara untuk memulai bisnis kopi. Bila Anda tertarik untuk mencobanya tidak ada salahnya karena konon kabarnya bisnis kopi adalah bisnis yang tidak akan pernah mati.

Mengapa? Ya karena orang Indonesia pada suka kopi. Tinggal bagaimana Anda bisa membuat bisnis kopi Anda mendapatkan market yang besar dan konsumen yang loyal.

Semoga artikel ini bermanfaat ya. Jika Anda tertarik dengan konten bisnis seperti ini, Anda bisa juga melihat tulisan lainnya diĀ Topik Bisnis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here