5+ Cara Meningkatkan Traffic ke Website yang Wajib diketahui

0
133 views
cara meningkatkan traffic ke website

5+ Cara Meningkatkan Traffic ke website – Ketika Anda telah selesai membuat website maka langkah selanjutnya adalah mendatangkan traffic ke website tersebut.

Apa itu traffic? Gampanganya adalah sebuah aktivitas kunjungan yang dilakukan oleh masyarakat dunia maya ke website Anda.

Mengapa penting? Yap, karena bila Anda membuat website tetapi tidak ada yang berkunjung maka website yang Anda buat menjadi sia-sia.

Misal, bila Anda membuat website toko online terus tidak ada yang traffic yang masuk ke toko online tersebut apa yang terjadi? Apakah terjadi penjualan? Tentu tidak, kan.

Contoh lainnya, bila Anda membuat website dengan maksud membangun blog/portofolio tulisan tetapi tidak ada traffic yang masuk artinya tidak ada satupun yang membaca tulisan Anda.

Alhasil semua yang sudah dibuat menjadi sia-sia. Padahal kita membuat website ya memang untuk dilihat sama jagat netizen.

“Sudah ada nih traffic, tetapi tidak banyak, gimana dong?”

Nah, ini juga persoalan. Tentunya kita tidak ingin website kita dikunjungi hanya oleh sedikit websitenya dimaksudkan untuk jualan.

Semakin sedikit yang berkunjung maka persentase orang beli juga semakin sedikit dong. Oleh sebab itu, kita akan bahas bagaimana cara meningkatkan traffic ke website dengan 5 jurus ini.

Apa saja? Yuk simak sampai habis.

Membuat Konten yang Berkualitas

Content is king, sebuah website akan sangat bagus apabila ia memiliki konten yang tidak hanya “sekedar ada” tetapi juga berkualitas.

Mengapa perlu konten? Karena pada dasarnya google adalah search engine. Ia akan menampilkan informasi kepada penggunanya yang mengetikkan sebuah kata kunci.

Ketika website Anda menuliskan sebuah konten yang berkualitas maka google akan merekomendasikan tulisan di website Anda untuk ditampilkan di halaman pertamanya.

Alhasil traffic bisa Anda dapatkan.

Tentu membuat konten berkualitas tidak sembarangan. Ada kaidah-kaidah yang perlu Anda terapkan, seperti:

  1. Konten harus originial, Anda bisa cek originalitas tulisan Anda di platform duplichecker. Jangan coba sekali-sekali bikin tulisan yang copy paste karena itu pasti akan di take down oleh google.
  2. Memuat sekitar 300-1000 kata (bagus bila lebih). Seminimalnya Anda membuat konten sebanyak 300 kata.
  3. Menargetkan kata kunci. Anda bisa cek kata kunci yang ingin ditargetkan di tools keywordtool.io.
  4. Dioptimasi dengan gambar. Yap, tulisan Anda jangan hanya tulisan, lengkapi dengan gambar agar lebih enak untuk dibaca.
  5. Memiliki internal link dan external link sebagai referensi tulisan Anda.

Yap, setidaknya 5 hal itu yang harus Anda terapkan di dalam tulisan Anda. Ini juga bisa disebut sebagai strategi search engine optimization bagian on page.

Baca Juga: SEO On Page (Optimasi dengan artikel agar rank 1 google)

Memaksimalkan Sosial Media

Fokus di website saja tidak cukup, Anda harus punya sosial media khusus di website Anda. Dengan begitu informasi di website bisa lebih banyak tersebar.

Ini saya lakukan untuk akun dendy.herdianto. Kalau Anda perhatikan di akun tersebut saya sering mengupdate konten seputar dunia digital.

Dampak dari pembuatan konten tersebut adalah meningkatnya kunjungan ke website yang linknya saya letakkan di bio.

Cara meningkatkan Traffic website
Sumber: facebook creator studio (dendy.herdianto)

Gambar di atas saya ambil dari tools Facebook creator studio di bagian instagram. Dapat dilihat bahwa terjadi peningkatan kunjungan situs web pada akun tersebut.

Jadi, bila Anda saat ini memiliki website, jangan lupa untuk membuat sosial media di website tersebut kemudian lakukan posting secara rutin agar traffic datang ke website Anda.

sumber: instagram (spotbisnis)

Ini adalah akun sosial media instagram untuk blog spotbisnis. Selain instagram, Anda juga bisa memanfaatkan sosial media lain seperti facebook dan twitter.

Gabung ke Komunitas

Dengan bergabung ke komunitas akan membuat Anda lebih banyak pengetahuan dan memperluas peluang Anda untuk berbagi ilmu.

Gabunglah ke komunitas yang sesuai dengan website yang telah Anda buat. Misal, Anda membuat website dengan topik bisnis, maka Anda bisa bergabung ke komunitas bisnis.

Lalu, Anda bisa share tulisan-tulisan yang Anda buat seputar bisnis mulai dari bedah bisnis, cara membuat bisnis, ide-ide bisnis dan sebagainya.

Tentunya maksud Anda membagikan tulisan tersebut memang sekedar ingin sharing tidak bermaksud menggurui. Umumnya anggota di dalam komunitas akan loyal untuk membaca bila ada ilmu baru yang mereka dapatkan.

Nah, bila Anda punya website dengan topik lain seperti ayahibu.id yang memiliki topik keluarga, maka Anda bisa gabung ke komunitas parenting.

Lalu, berbagi tulisan yang telah Anda buat di website Anda. Pastikan Anda kemas tulisan tersebut dengan judul menarik sehingga membuat anggota dalam komunitas penasaran dengan tulisan Anda.

Baca Juga: Posting Instagram di PC Menggunakan Facebook Creator Studio

Gunakan Plugin Zoom

Bagi Anda yang menggunakan wordpress, maka plugin ini bisa Anda coba untuk meningkatkan traffic.

Di masa-masa saat ini, seluruh aktivitas dilakukan secara online. Berbagai event akhirnya juga diselenggarakan secara online.

Anda pasti seringsekali melihat berbagai macam webinar berseliweran di akun sosial media. Nah, bila Anda salah satu pihak yang suka melaksanakan webinar maka Anda bisa manfaatkannya untuk meningkatkan kunjungan ke website Anda.

sumber: Sekolah Stata

Hal ini yang dilakukan oleh Sekolah Stata, ia menanamkan zoom ke dalam websitenya dan apabila peserta ingin masuk ke webinar maka bisa melalui link yang menuju ke website Sekolah Stata.

Anda juga bisa menggunakan plugin zoom dengan cara install plugin di menu wordpress Anda.

Membangun Backlink

Bila membuat konten berkualitas adalah salah satu strategi SEO dalam bentuk on page maka membangun backlink juga adalah strategi SEO dalam bentuk off page.

Apa yang dimaksud dengan backlink? Ya gampangnya ia adalah link yang tertanam dalam sebuah website di luar website yang Anda punya.

Ia seperti rekomendasi yang diarahkan dari website lain ke website kita. Semakin banyak website yang merekomendasikan maka akan semakin bagus reputasi website kita.

Tentunya rekomendasi tersebut tidak bisa didapatkan sembarangan. Anda tidak bisa mendapatkan backlink dengan cara melakukan spam dan sejenisnya.

Kemudian backlink yang didapatkan dari website yang bagus dengan yang biasa saja tentu beda kualitasnya.

Tetapi ketika Anda memiliki backlink, maka akan memudahkan situs Anda bertengger di halaman 1 google. Alhasil, traffic pun bisa meningkat.

Baca Juga: SEO Off Page (Strategi SEO Menggunakan Backlink)

Ads Traffic

Cara meningkatkan traffic website yang kelima sekaligus yang terakhir adalah dengan menggunakan ads atau iklan.

Anda bisa menggunakan facebook ads dengan objective, “click to website”. Suguhkan artikel yang menarik agar orang yang mendapatkan iklan tersebut ingin mengkliknya dan akhirnya membaca konten yang Anda buat.

Memang untuk menggunakan ini Anda perlu mengeluarkan budget. Tapi tidak perlu khawatir, Anda bisa menghemat pengeluaran untuk iklan bila konten Anda menarik.

Mulailah iklan dengan budget minimal Rp20.000 per hari. Itu cukup untuk “memancing” orang datang ke website Anda. Kalau orang tersebut betah dan merasa konten Anda bermanfaat maka akan lebih mudah lagi Anda untuk mendapatkan traffic.

Penutup

Nah, itulah tadi penjelasan 5 cara meningkatkan traffic ke website yang bisa Anda coba. Anda juga bisa menggunakan strategi email marketing untuk menaikkan traffic.

Anda bisa gunakan plugin sumo, untuk mendapatkan database email pengunjung setia Anda. Sehingga apabila Anda update artikel, pengunjung Anda akan langsung ternotifikasi melalui email.

Silahkan Anda bagikan artikel ini seluas-luasnya agar banyak orang dapat merasakan manfaatnya.

Jika Anda tertarik dengan konten internet marketing seperti ini, Anda bisa juga melihat tulisan lainnya di Topik Internet Marketing. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here