Bisnis Online 2022 dan Jenis-Jenisnya yang Bisa Kamu Coba

0
136 views
bisnis online 2022

Dunia semakin maju, perkembangan teknologi kiat cepat merambah ke segala bidang, termasuk ke dalam dunia bisnis, dimana bisnis di zaman sekarang bisa terbilang bisa cepat berkembang dan bisa cepat maju dikarenakan faktor teknologi tersebut.

Bisnis online sekian diminati bagi sebagian kalangan yang unya pemikiran bahwa mencari uang bukan hanya menjadi seorang pegawai saja, tapi dengan berbisnis juga bisa menghasilkan bahkan bisa membuat uang lebih cepat dan llebih banyak.

Bisnis Online 2022
sumber: pexels

Baca Juga: 5 Contoh Bisnis Online yang Bisa Dikerjakan oleh Pemula

PENGERTIAN BISNIS ONLINE

Dari namanya saja sudah ketahuan bahwa bisnis online adalah suatu kegiatan bisnis yang dilakukan secara online yang dimana semua kegiatan bisnisnya menggunakan media internet.

Seorang pelaku usaha yang dimana sebagian aktivitasnya ataupun hampir semua aktivitas bisnisnya memang pure dilakukan dari awal menggunakan internet dan mereka bisa dikatana berbisnis secara online.

Seseorang yang melakukan bisnis online ini bukan hanya mempromosikan bisnis secara online tapi bisa meliputi jual beli secara online, menyediakan jasa secara online dan masih banyak juga bisnis lainnya yang memang kita bisa temukan di dunia online dalam berbagai bidang industri.

Jadi hal intinya setiap orang yang memiliki atau punya sebuah ide untuk membuat produk dan ingin dijual bisa dilakukan dengan online dan itu akan disebut sebagai bisnis online, bukan hanya orang yang sudah berkecimpung di bisnis dari lama tapi siapapun yang punya ide produk bisnis dan ingin menjual produknya bisa dilakukan secara online.

Memang tak jauh beda dengan dunia bisnis tradisional yang lama kita punya toko atau tempat usaha secara nyata di kehidupan dunia, berbeda dengan bisnis online yang dimana toko atau tempat usaha kita memang adanya di online atau di internet yang dimana calon pembeli akan berkunjung ke situs atau toko kita di internet.

JENIS – JENIS BISNIS ONLINE YANG DIKETAHUI

Dalam penerapannya bisnis online ini bisa banyak jenis yang akan kamu temukan di internet, inilah beberapa macam jenis – jenis bisnis online :

1. Website

Website adalah contoh utama bisnis online yang dimana sebuah wadah atau platform yang kita pakai untuk berbisnis dengan tujuan calon pembeli akan mengetahui toko kita jika mereka tahu alamat dari website atau toko kita di internet.

Dalam isiny juga bukan hanya sebbuah teks atau gambar biasa, tapi pelaku bisnis akan memasukan produk dan melakukan penataan dengan baik agar terlihat rapih serta melakukan promosi dengan strategi para pelaku bisnis online ini.

2. Toko Online Mandiri

Hampir sama dengan website, namun toko online ini memang khusus dibuat hanya untuk memajang produk dengan harga yang juga sudah diatur oleh pelaku bisnis, yang dimana kadang toko online ini bisa kita gunakan bukan hanya di web tapi juga bisa kita download di smartphone kamu punya.

3. Lapak online seperti marketplace

Yang ketiga ini, pelaku dari bisnis online memang tidak membuat wadah secara mandiri melainkan mereka membuka toko dengan menumpang di platform yang memang sudah disediakan seperti Shopee, Tokopedia, dll. Jadi para pelaku bisnis hanya melakukan penataan barang dengan harga yang sudah ditentukan dan melakukan promosi supaya calon pembeli datang ke toko mereka dan melakukan perjual-belian.

4. Blog

Hampir sama dengan website, dalam blog ini juga pelaku usaha akan membuat sendiri wadah dan toko online nya dengan mandiri yang dari awal design dan rancangan toko hanya dikerjakan oleh diri sendiri tanpa menyewa platform dari yang lain.

5. Sosial Media

Yang terakhir ini menjadi hal yang sudah banyak terjadi saat ini, dimana sosial media juga bisa sebagai temoat untuk berbisnis online, jadi bukan hanya post foto pribadi yang diupload melainkan bagi para pelaku usaha adalah foto produk yang di upload dengan caption yang menarik dengan tujuna menarik calon pembeli untuk membeli produk mereka.

Bisnis Online 2022
sumber: pexels

CONTOH BISNIS ONLINE YANG BISA DILAKUKAN TANPA MODAL

Sebenarnya banyak sekali contoh dari bisnis online itu sendiri, karena setiap yang kita perjual kan kepada orang lain dengan apa yang namanya berkaitan bisnis itu juga bisa dijadikan bisnis online walaupun kita hanya menjual sebuah permen.

Tapi pada kesempatan ini contoh yang akan kami berikan adalah contoh bisnis yang memang sedang trend atau bisa dibilang bisnis yang selalu menghasilkan lebih banyak uang, apalagi di zaman saat ini yang segalanya udah menggunakan teknologi.

Tapi sebelum ke contohnya ada juga manfaat yang akan didaptkan jika kita melakukan bisnis online ini :

1. Bisa lebih menghemat biaya untuk sewa kantor atau gaji karyawan karena memang sebagian dilakukan dengan online dan bisa dilakukan di rumah pribadi

2. produk yang kita jual juga sangat fleksibel, dimana segala produk bisa dijual baik produk berupa fisik ataupun non-fisik

3. Bisa dilakukan dimana saja tanpa harus kebingungan melakukan bisnis yang terpenting punya koneksi internet dan devices untuk melakukan bisnis online itu.

Nah jika sudah mengetahui manfaat itu, maka kita akan masuk ke contoh apa saja yang bisa kita lakukan untuk menghasilkan uang tanpa harus mengeluarkan modal sedikitpun.

Baca Juga: Bisnis Online Tanpa Modal (Hanya Gadget dan Internet)

1. Youtube

Youtube menjadi salah satu platform yang sangat banyak di pakai hampir setiap orang, baik untuk mencari hiburan ataupun berdagang, nah bagi yang memiliki jiwa bisnis ini menjadi youtuber akan sangat menguntungkan karena bisa mendapatkan keuntungan 2x lipat bahkan lebih dengan menggunakan iklan dari adsense sendiri dan bisa langsung promosi produk di video pribadi kita sendiri.

2. Dropship

Menjadi seorang dropshipper adalah hal yang sangat bagus jika dilakukan saat ini, dan profesi ini juga sangat mudah dilakukan yang dimana kita bisa lakukan tanpa harus punya modal besar dan punya produk untuk dijual, kenapa? Karena bisnis dropship ini umumnya kita melakukan promosi atau kita menjual produk orang lain yang kita telah setuju dengan pemilik barang untuk dibantu dijual dan kita hanya perlu menjual produk punya orang dan keuntungan nya bisa kita dapatkan dari hasil penjualan kita dan dibagi hasil dengan komisi penjualan.

3. Menjadi seorang freelance

Freelancae adalah bisnis yang sangat mudah dilakuakn dan anpa perlu modal banyak hanya butuh internet saja untuk mencari klient dari manapun baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

Kita hanya diharuskan punya satu skill dan jika sudah menguasainya kita jual jasa kita dan bila ada yang membutuhkan kita tinggal kerjakan apa yang pembeli mau.

Itulah 3 contoh bisnis online yang bisa kita lakukan dengan mudah tanpa harus mengeluarkan modal besar yang penting asal ada niat dan kemauan ditambaha dengan skill yang mumpuni dan selalu punya ide kreatif agar bisa menghasilkan uang dari online.

Baca Juga: Peluang Bisnis Produk Digital

Penutup

Demikian penjelasan tentang untung dari bisnis online 2022 dan peluang-peluang yang bisa kamu raih di tahun 2022.

Jika Kamu tertarik dengan konten marketing seperti ini, Kamu bisa juga melihat tulisan lainnya di Topik Marketing.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here