Peluang Bisnis Produk Digital 2021: Pengertian dan Keuntungan

0
52 views
Peluang Bisnis Produk Digital

Peluang bisnis produk digital 2021 – Di tahun 2021 ini, kesempatan seseorang untuk memulai bisnis sebenarnya sudah sangat banyak.

Salah satu peluang bisnis yang dapat dicoba adalah peluang bisnis produk digital. Yap, kamu bisa mulai mencoba menjual produk digital karena itu lebih mudah untuk didapatkan dan modalnya pun relatif minim.

Lantas apa yang dimaksud dengan produk digital? Yuk kita bahas.

Baca Juga: Peluang Bisnis di Era Pandemi

Peluang Bisnis Produk Digital 2021
sumber: pexels (@pixabay)

Pengertian Produk Digital

Produk digital adalah produk yang dapat diakses secara digital. Ia bukanlah produk fisik tetapi manfaatnya bisa dirasakan melalui media digital baik melalui smartphone maupun laptop/komputer.

Yap ia berbeda dengan produk fisik yang bisa kamu lihat secara langsung tanpa harus menggunakan gadget.

Sehingga produk digital memang marketnya adalah mereka yang bisa mengakses media digital.

Baca Juga: Evangelism Marketing dari Kasus Bear Brand

Produk Digital vs Produk Fisik

Umumnya ada dua jenis produk berdasarkan wujudnya yaitu produk digital dan produk fisik. Produk digital sebagaimana penjelasan di atas adalah produk yang berbentuk digital dan dapat diakses menggunakan smartphone ataupun laptop.

Adapun produk fisik adalah produk yang terlihat nyata dan tidak membutuhkan media digital untuk melihatnya.

Masing-masing produk punya kelebihan dan kekurangan baik dari sisi pembeli ataupun dari sisi penjual.

Namun, di artikel ini hanya akan dibahas dari sisi penjual. Mengapa saat ini yang lebih banyak trendnya adalah penjualan produk digital?

sumber: pexels (@perfecto)

Keuntungan Menjual Produk Digital

Ada beberapa keuntungan yang dapat kamu peroleh ketika menjual produk digital yang tidak akan kamu dapatkan apabila menjual produk fisik.

Apa saja keuntungannya? Yuk kita bahas.

Modal Sangat Minim

Yap ketika kamu hendak menjual produk digital maka modal yang dibutuhkan sebenarnya cukup gadget saja (Laptop dan HP).

Kalau kamu sudah punya gadgetnya dari awal maka sebenarnya modal yang kamu butuhkan itu Rp0. Mengapa? Karena proses pembuatan produk digital memang cukup menggunakan software yang kamu miliki di laptopmu.

Berbeda dengan produk fisik yang memiliki HPP atau harga modal pembelian produk. Untuk produk digital HPPnya adalah Rp0

Keuntungan Unlimited

Kok bisa unlimited? Karena harga modalnya yang Rp0 kamu bisa menjual produk digital dengan harga yang beraneka ragam. Mulai ratusan ribu sampai jutaan rupiah.

Perbedaan harga bisa kamu atur sesuai dengan value yang kamu berikan dari produk tersebut. Tidak ada harga yang pasti tinggal kamu saja yang menyusun harga tersebut sesuai keinginanmu.

Hal ini berbeda dengan produk fisik yang umumnya sudah diketahui harga modal dan harga pasarnya. Sehingga kamu tidak bisa terlalu banyak bermain di “harga” yang diberikan.

Bahkan banyak pemain produk fisik yang akhirnya perang harga.

Bikin Sekali untung Berkali-Kali

Bagi kamu yang sudah pernah membuat produk digital seperti online course, ebook, software dan sebagainya pasti merasakan nikmatnya keuntungan yang didapatkan.

Yap karena memang produk digital cukup dibuat sekali tetapi keuntungannya bisa berkali-kali lipat.

Memang capek di awal tetapi setelah itu kamu tinggal nikmatin hasilnya aja. Misal, kalau kamu buat online course dengan rekaman beberapa video. Setelah kamu merekam dan mengeditnya sedikit kamu tinggal jual.

Setiap terjadi pembelian, kamu mendapatkan keuntungannya deh. Enak kan?

Banyak Peluang Penjualan

Sulit menemukan orang yang mau membeli produk digital? Gak usah khawatir karena ada banyak kok marketplace yang khusus menjual produk digital.

Salah satunya adalah Creative Market. Di sini kamu bisa menjual berbagai macam produk digital seperti graphics, template, font, photos dan banyak lagi yang lainnya.

Banyak yang Membutuhkan

Kamu perlu ketahui bahwa produk digital itu banyak banget yang membutuhkan. Karena produk digital akan memudahkan pekerjaan/aktivitas mereka.

Misalnya saja apabila kamu menjual template design untuk produk/umkm maka si owner tidak perlu repot-repot lagi merekrut orang design graphic. Cukup menggunakan template yang kamu buat untuk mengisi konten di sosial medianya.

Lalu di masa pandemi ini banyak orang kesulitan untuk mengakses pembelajaran secara offline. Ini dapat dimanfaatkan olehmu untuk membuka kelas online.

Cukup buat beberapa video rekaman sesuai kurikulum yang kamu buat dan tinggal jual deh.

Baca Juga: Bisnis Online tanpa Modal

Penutup

Demikianlah penjelasan tentang produk digital dan alasan mengapa banyak orang akhirnya menggunakan produk digital.

Semoga artikel peluang bisnis produk digital 2021 ini bermanfaat.

Semoga artikel ini bermanfaat ya. Jika Kamu tertarik dengan konten bisnis seperti ini, Kamu bisa juga melihat tulisan lainnya di Topik Bisnis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here