Bisnis Vtube: Bisnis Periklanan Penipuan (Diperingatkan OJK)

0
53 views
bisnis vtube

Baru-baru ini tepatnya bulan April 2020 telah muncul bisnis baru yang terlihat cukup menggiurkan yang bernama bisnis vtube.

Di beranda facebook banyak sekali orang yang mempromosikan bisnis ini dengan segala macam kemudahan.

Konon katanya bisnis ini bisa menghasilkan uang dengan cara hanya menonton iklan saja. Yap, iklan yang disediakan oleh pihak vtubenya.

Mudah, kan? Yap, seakan bisnis ini tanpa risiko. Tapi kemudahan tersebut tentunya menjadi pertanyaan. Mengapa bisa? Bukankah ini identik dengan bisnis penipuan?

Tidak lama bertanya terkait kredibilitas atas bisnis tersebut, otoritas jasa keuangan (OJK) ternyata mengeluarkan daftar entitas yang dihentikan satgas waspada investasi.

Bisnis Vtube
sumber: bahasbisnis

Dalam daftar tersebut tertulis PT. Future View Tech selaku pemilik bisnis Vtube terdaftar sebagai entitas yang dihentikan.

Di deskripsinya juga tertulis bahwa perusahaan tersebut melakukan investasi uang tanpa izin dengan menawarkan keuntungan Rp200.000-Rp70.000.000 hanya dengan mengklik iklan.

Hmm, menggiurkan bukan? Ya tapi kalau OJK sudah mengeluarkan daftar tersebut maka kita perlu hati-hati bahkan harusnya menghindari.

Baca Juga: Bisnis Ayam yang Bisa Anda Coba untuk Memulai Bisnis Kuliner

Bisnis Iklan yang Tidak Logis

Kalau kita perhatikan skema yang diberikan oleh bisnis ini maka hal tersebut terkesan tidak logis. Mengapa? Ya bayangkan saja kita dibayar untuk iklan yang sebenarnya tidak ingin kita tonton alias ya memang kita bukan target market pengiklan.

Sang pengiklan pun juga sebenarnya akan boncos kalau iklan tersebut diberikan kepada pihak yang bukan target market mereka.

Ini sama saja kayak Anda iklan di baliho atau di spanduk-spanduk jalanan atau juga di TV yang mana mereka yang menonton belum tentu target market Anda.

Mendingan Anda iklan di platform facebook ataupun google yang jelas bisa mentargetkan market. Bukan, begitu?

Nah, seharusnya kan iklan yang benar adalah iklan yang bisa disetting target marketnya siapa sehingga iklannya tersebut bisa efektif.

Lagipula sistem bisnis iklan itu harusnya seperti facebook atau google. Dimana ketika ada orang ngeklik iklan dan menonton iklan tersebut maka pengiklan membayar facebook atau google dengan sistem bid.

Makanya di facebook dikenal CPC (Cost per click) yaitu berapa biaya yang harus dikeluarkan pengiklan setiap ada orang yang ngklik dan di google dikenal istilah bid (sebenarnya sama saja seperti CPC).

Tapi lagi-lagi iklannya harus disetting sesuai target market dan bukan orang suruhan.

Nah, itu baru benar.

Baca Juga: Perbedaan Marketing, Branding dan Selling yang Perlu Anda Ketahui

Darimana Vtube Membayar Member

Sistem vtube mirip seperti MLM dimana orang akan membayar Anda apabila ada orang lain yang join. Sistem ini mirip seperti mamiles dan klikshare dimana member yang masuk lebih dahulu akan mendapatkan keuntungan lebih dibanding yang belakangan.

Selama member baru itu ada maka keuntungan akan didapatkan oleh si member lama.

Tapi kan menjadi member vtube itu gratis? Yap gratis dengan keterbatasan. Yaitu batasnya hanya 40 hari. Ini sama seperti ketika Anda mencoba sebuah platform free trial.

Untuk waktu 40 hari Anda bisa mendapatkan hingga 12 poin yang katanya bisa Anda tukarkan dengan uang. 1 poin senilai 1 dollar.

Untuk mendapatkan lebih maka Anda perlu upgrade. Begini skema upgradenya.

Bisnis Vtube
sumber: bahasbisnis

Ada yang menyebutkan bahwa untuk mendapatkan uang yang telah diraih maka Anda perlu upgrade dengan membeli pilihan paket/bintang sebagaimana tercantum pada gambar di atas.

Hmm, terlihat jelas kan penipuannya?

Dengan skema seperti itu dapat dipastikan dalam hitungan dekat bisnis ini akan segera bubar. Terlebih semenjak adanya aturan dari OJK.

Jadi untuk Anda yang mendapatkan penawaran untuk join sebagai member dari bisnis vtube maka jangan Anda bergabung karena terbukti ini bisnis penipuan.

Baca Juga: False Belief Customer yang Perlu diketahui untuk Meningkatkan Penjualan

Penutup

Oke itulah penjelasan tentang bisnis vtube, semoga penjelasan ini dapat membuka wawasan Anda tentang bisnis yang benar dan yang penipuan.

Jika Anda tertarik dengan konten bisnis seperti ini, Anda bisa juga melihat tulisan lainnya diĀ Topik Bisnis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here