7 Cara Berbicara di Depan Umum Tanpa Grogi dan Rasa Khawatir

0
25 views
cara berbicara di depan umum tanpa grogi

7 Cara Berbicara di Depan Umum Tanpa Grogi – Menguasai kemampuan berbicara di depan umum sudah sepantasnya dimiliki semua orang.

Mengapa demikian? Karena pada dasarnya setiap manusia perlu untuk melakukan komunikasi. Terlebih komunikasi yang bersifat profesional.

Bila Anda bekerja di sebuah perusahaan atau sedang bergelut dalam sebuah organisasi pasti ada waktunya Anda memaparkan pekerjaan Anda ke rekan satu tim.

Jadi, kemampuan public speaking bukan hanya kemampuan yang harus dimiliki para motivator ataupun trainer. Setiap orang perlu memiliki kemampuan ini.

Sayangnya kemampuan ini tidak bisa diasah dengan mudah oleh semua orang. Ada yang karena jiwanya adalah introvert sehingga susah bila harus komunikasi di depan umum.

Ada juga yang pemalu dan keseringan “demam panggung” bila dituntut berbicara di depan umum. Padahal udah nyiapin materi eh pas mau ngomong tiba-tiba materinya buyar.

Apakah Anda pernah merasakan hal yang sama? Bila iya maka Anda masuk ke artikel yang tepat karena di sini akan dibahas cara mengatasi grogi ketika berbicara di depan umum.

Baca Juga: Ikigai (Sebuah Konsep Kebahagiaan dari Jepang)

Jangan Pikirin Audiense Bakal Respon Apa

Seringkali kita terhambat untuk berbicara di depan umum karena khawatir nanti kalau ada audiense yang nanya gak bisa dijawab gimana. Nanti kalau ada audiense yang protes gimana.

Nanti kalau ada yang ngantuk pas saya ngisi gimana. Nah, pikiran-pikiran tersebut harus segera dihilangkan.

Itu adalah pikiran negatif yang tidak perlu dipikirkan. Fokus saja pada apa yang akan Anda sampaikan jangan pikirkan pada apa yang akan orang katakan.

Dengan begitu, Anda akan lebih nyaman untuk menyampaikan informasi dan audiensepun akan lebih mudah menangkap informasi tersebut.

Cara Berbicara di Depan Umum Tanpa Grogi
sumber: unsplash.com

Tuliskan Poin-Poin Materi yang Ingin disampaikan

Cara berikutnya adalah dengan menuliskan poin-poin materi yang ingin disampaikan. Dengan adanya poin-poin maka Anda akan lebih terarah dalam penyampaian materi.

Tidak ragu lagi dan tidak mengawang-ngawang. Kesalahan orang ketika berbicara di depan umum adalah tidak menyiapkan poin-poin materi.

Pikirnya improve saja bisa tetapi nyatanya tidak mudah. Bagi mereka yang telah memiliki jam terbang yang tinggi mungkin tidak masalah.

Tapi, bagaimana buat mereka yang baru memulai. Kalau tidak disiapkan poin-poin yang akan dibahas, si pembicara pasti akan stuck dan mau improvepun malah jadi ngaco.

Yang ada pembahasan bakal menjelimet dan muter-muter aja disitu. Oleh sebab itu persiapan materi menjadi penting.

Latihan Dulu di Depan Kaca

Yap, kalau Anda sudah menuliskan poin-poin materinya maka langkah selanjutnya adalah melatih kemampuan public speaking Anda di depan kaca.

Kenapa di depan kaca? Yap, karena Anda bisa melihat bagaimana pengucapan kata yang Anda sampaikan dan bagaimana gerak tubuhnya.

Dengan berlatih maka Anda akan lebih terbiasa menyampaikan materi. Selain itu, Anda juga bisa mengevaluasi kira-kira poin apa yang tidak perlu disampaikan mengingat waktu yang diberikan ke Anda juga terbatas.

Penyortiran materi penting, agar komunikasi bisa berjalan secara efektif.

Baca Juga: 7 Kualitas Menjadi Great Leadership yang Bisa Anda Contoh

Bersikap Tenang

Cara berikutnya adalah dengan bersikap tenang ketika akan naik ke “atas panggung”. Ingat poin pertama, “jangan pikirkan respon audiense Anda”. Fokus saja dengan apa yang akan Anda sampaikan.

Ketenangan tersebut bisa Anda dapatkan dengan mengatur posisi tubuh. Misal, dengan tidak meletakkan tangan di kantong atau mendekapkan tangan.

Karena biasanya posisi tersebut malah bisa membuat Anda grogi. Cukup berdiri dengan posisi santai dan tanpa berpikir macam-macam.

Anggap Saja Audiense Anda “Benda Mati”

Kejam ya? hehe tapi ini tidak bermaksud jahat kok. Ini hanya sebuah istilah agar Anda tidak berfokus pada respon audiense.

Ketika Anda menganggap audiense sebagai benda mati maka Anda akan lebih tenang untuk menyampaikan opini/materi.

Coba kalau Anda masih menganggap mereka benda hidup, bagi Anda yang masih pemula pasti grogi karena melihat ekspresi mereka atau memikirkan apa yang akan mereka katakan.

Jadi anggap saja Anda sedang berbicara dengan “benda mati”. Ini khusus buat Anda yang masih pemula ya.

Cara Berbicara di Depan Umum Tanpa Grogi
sumber: unsplash.com

Mulailah dengan Cerita

Langkah berikutnya tentang cara berbicara di depan umum tanpa grogi adalah dengan bercerita. Yap, cerita akan membuat Anda berbicara lebih natural dan nyaman.

Karena pada dasarnhya orang suka bercerita apalagi curhat. Benar, kan? hehe.

Nah, ketika Anda sudah mulai pembicaraan dengan bercerita maka materi yang akan Anda paparkan bisa lebih nyaman dan enak. Audiense pun akan lebih menyimak dan biasanya “tenggelam” dalam cerita yang Anda bawakan.

Tetap Optimis

Cara terakhir untuk mengatasi grogi Anda ketika berbicara di depan umum adalah tetap optimis. Jangan berasumsi bahwa audiense Anda lebih tahu materi daripada Anda.

Panggung diberikan kepada Anda jadi Andalah yang “punya kuasa” untuk menyampaikan materi. Anggap saja audiense belum tahu apa-apa sehingga Anda akan lebih enak untuk menyajikan materi tersebut.

Baca Juga: False Belief Customer yang Perlu diketahui untuk Meningkatkan Penjualan

Penutup

Oke, itulah 7 cara berbicara di depan umum tanpa grogi yang bisa Anda praktekkan. Ingat, meskipun Anda tidak bercita-cita menjadi motivator ataupun trainer. Berbicara di depan umum tetap adalah skill yang Anda butuhkan.

Karena Anda adalah manusia yang merupakan makhluk sosial dan perlu untuk berkomunikasi. Di pekerjaan ataupun organisasi hal tersebut sudah menjadi tuntutan.

Jika Anda tertarik dengan konten leadership seperti ini, Anda bisa juga melihat tulisan lainnya di Topik Leadership.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here