7 Kualitas Menjadi Great Leadership yang Dapat Anda Contoh

1
92 views
great leadership

Inilah 7 kualitas great leadership untuk Anda ketahui.

Tahukah Anda bahwa saat ini milenial sangat mudah bergonta-ganti pekerjaan. Bahkan penelitian menyebutkan banyak milenial yang jenuh dan akirnya berganti pekerjaan sebanyak empat kali sebelum usia 32 tahun.

Ada juga yang mengatakan bahwa mereka selama bekerja tidak merasa diberdayakan. Hal ini tentunya menimbulkan pertanyaan.

Dimana peran para pemimpin perusahaan? Jelas bahwa terjadi kegagalan pemimpin dalam menimbulkan rasa percaya dan setia pada karyawan mereka.

Hal tersebut dapat diatasi dengan menerapkan 7 hal ini.

Ini adalah 7 kualitas yang mesti dimiliki oleh seorang great leadership khususnya dalam sebuah perusahaan.

Antusiasme yang Ikhlas dan Tulus

Sebuah antusiasme tidak dapat ditipu. Untuk menjadi great leadership, maka seorang pemimpin harus memiliki antusiasme yang ikhlas dan tulus.

Sosok pemimpin yang dengan jelas menampakkan antusiasmenya adalah Elon Musk. Pemilik industri tesla dan space x ini kerap untuk menjukkan antusiasmenya dalam setiap usaha yang ia buat.

Hal ini pun disampaikan oleh salah seorang karyawannya. Ia mengatakan bahwa dibalik kesuksesan proyek SpaceX terdapat peran Musk yang mana telah menunjukkan antusiasmenya.

Memiliki antusias ini akan membantu seorang great leadership mengidentifikasi masalah pada usahanya sehingga bisa memunculkan ide atau inovasi untuk usahanya.

Great Leadership
sumber: google.com

Kemampuan Komunikasi yang Mumpuni

Kualitas kedua yang harus dimiliki oleh seorang great leadership adalah kemampuan komunikasi yang ajib dan mumpuni.

Hal tersebut dikarenakan seorang pemimpin harus bisa memberikan motivasi, instruksi dan mendisiplinkan orang-orang yang menjadi tanggung jawabnya.

Bila seorang pemimpin memiliki kemampuan komunikasi yang buruk maka dapat dipastikan hasil yang akan ia dapatkan dari usahanya juga buruk.

Ketegasan

Salah satu karakter yang harus dimiliki pemimpin adalah berani mengambil risiko. Sebuah keputusan yang diambil oleh seorang pemimpin menjadi tanggung jawab dirinya.

Apabila risiko yang diambil menyebabkan kegagalan maka ia harus menerima dan segera mencari solusinya.

Dalam hal ini seorang great leadership harus memiliki ketegasan. Terutama ketika berada dalam sebuah forum dan mencoba mengambil keputusan.

Bila seorang pemimpin tidak tegas maka forum hanya akan menghasilkan perdebatan yang panjang tanpa memberikan output yang berharga.

Baca Juga: Konsep Bisnis PLR dan Strateginya

Integritas

Setiap great leadership akan menampilkan integritas di setiap aktivitasnya. Integritas menjadi karakter yang penting untuk dimiliki setiap pemimpin.

Menunjukkan integritas dapat dilakukan dengan cara memberikan penghargaan yang layak untuk pencapaian, mengakui kesalahan, atau mengutamakan keselamatan dan kualitas .

Great leadership
sumber: unsplash.com

Memiliki Kemampuan Manajerial

Seorang pemimpin tidak hanya pandai dalam mengerjakan apa yang menjadi pekerjaan mereka.

Ia haruslah bisa mengatur dan menempatkan orang-orang dibawahnya pada posisi yang tepat. Mengkoordinir setiap pekerjaan untuk mencapai visi perusahaan atau organisasi.

Loyalitas

Menunjukkan kesetiaan kepada organisasi atau perusahaan adalah hal yang juga harus dimiliki oleh seorang pemimpin.

Pernyataan kesetiaan tersebut dapat dilakukan dengan memberikan bukti nyata yang memiliki nilai kebermanfaatan bagi tim.

Loyalitas sejati adalah memastikan bahwa semua anggota tim memiliki pelatihan dan sumber daya untuk melakukan pekerjaan mereka.

Karisma

Kualitas selanjutnya yang harus dimiliki oleh seorang great leadership adalah sebuah karisma. Karena orang cenderung mengikuti langkah orang yang mereka sukai.

Ketika Anda dapat memberikan “sesuatu” untuk tim Anda yang memiliki nilai positif. Seperti berbicara dengan baik, ramah, mudah diajak berdiskusi.

Maka tim Anda secara tidak langsung akan memberikan kesan positif untuk Anda. Sehingga mereka akan mengikuti jejak langkah Anda.

Baca Juga: Wow Inilah Enam Karir Digital Marketing Bergaji Fantastis

Penutup

Itulah 7 kualitas yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin atau great leadership.

Adakah satu diantara kualitas tersebut yang Anda miliki. Bila tidak saatnya Anda mulai belajar untuk memilikinya.

Learning by doing.

Bila artikel ini dirasa memiliki manfaat maka Anda secara bebas dapat menyebarkannya.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here